Advertisement
Articles

Lebih Baik Mana, WordPress atau Joomla?

Jika anda adalah web development mungkin nama joomla dan wordpress akan tidak asing bagi anda. Mereka adalah cms yang popular saat ini. Pada tulisan ini saya menganggap wordpress adalah sebuah cms bukan sebuah blog sistem lagi karena wordpress sudah bisa digunakan untuk membuat webiste yang lumayan kompleks. Sebenarnya sih ada cms yang popular lagi misalnya drupal, tapi pada artikel ini saya tidak akan membahas tentang drupal. Saya cuma mencoba membahas joomla dan wordpress. Kenapa?

 

Belakangan ini juga banya ada pertanyan yang menanyakan “mana lebih baik menggunakan wordpress atau joomla?”. Kalau pertanyaan itu dilontarkan kepada saya, yang memang menjadi wordpress user maka saya akan menjawab “wordpresslah yang labih baik”. Tapi bedahalnya jika pertanyaan itu diberikan kepada joomla user.

Awal saya belajar website saya juga menggunakan joomla sebelum berpindah ke wordpress. Iya memang sih awalnya joomla itu lumayan rumit bagi saya. Karena source joomla lebih kopleks dibandingkan wordpress memang. Kemarin saya sempat berdiskusi dengan seorang guru website saya, iya saya menyebutnya guru karena dia yang mengajari saya dari tidak bisa menjadi bisa, meski belajarnya cuma lewat yahoo messenger karena jarak kita lumayan jauh yaitu ada pada pulau yang berbeda. Pada diskusi tersebut kita berbicara tentang apa lebih baik menggunakan wordpress atau joomla. Dan saat itu saya mengatakan wordpress komunitas dan tutorialnya banyak dibandingkan joomla. Tapi dengan bijak beliau berkata “itu terjadi karena kamu cuma mencari tutorial tentang wordpress saja” kurang lebihnya seperti itu.

Itu memang benar sih, tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk dari  setiap aplikasi yang dibuat oleh manusia. Memang sih ada kelebihan dan kekurangannya, tapi jika orang itu nyaman menggunakannya sebuah aplikasi itu maka orang itu tidak akan berpindah ke aplikasi yang lainnya, meski banyak resiko yang harus ditanggung. Tapi hal yang penting dilakukan adalah harus bisa pindah aplikasi lain jika aplikasi itu sudah tidak dikembangkan lagi oleh pembuatnya, bodoh juga jika kita terus menggunakannya kecuali kita mengembangkannya kearahyang lebih baik.

Untuk pertanyaan mana lebih baik menggunakan wordpress atau joomla? Ssaya, cuba gunakan kedua cms tersebut pelajari sampai anda mendapatkan kenyamanan. Jika anda nyaman menggunakan joomla, gunakan jooma dan kembangkan begitu juga sebaliknya.

Terus kalau masalah keamanannya bagaimana? Kedua cms ini selalu melakukan update securitynya sepanjang waktu, selain itu keamanan bukan hanya dari sisi aplikasi saja, tapi dari sisi kita juga. Dari pemilihan hosting (ini penting) dan penggunaan password, itu semua dari kitanya akan membuat web kita itu seperti apa.

Sekian dulu sharing dari saya, semoga bisa membantu, untuk masalah keamanan akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Editorial Team

Editorial Team adalah mereka yang menulis artikel untuk blog PinDexain.

Related Stories

11 Responses to Lebih Baik Mana, WordPress atau Joomla?

  1. Saya pernah melihat sebuah info bahwa Sebagian besar responden lebih memilih WordPress drpd Joomla bgtu pula dengan CMS-CMS lainya seperti drupal, TYPO CMS, dll. Karena ternyata, sebagian besar juga yg menduduki Pencarian teratas di halaman Google adalah dr kelompok WordPress. Apabila dilihat dr situs db-hack.com , sebagian besar web yg mudah di hack jg dr Joomla… 😀

    • iya bener bro… mungkin karena penggunaan wordpress lebuh mudah dari cms lainnya. Untuk masalah hack, memang web joomla sering menjadi incaran para hacker (pemula sih biasanya). Tapi tidak menutup kemungkinan situs wordpress juga bisa menjadi sasaran hacker, seperti yang sering saya alami sebelum2nya.
      Yang terpenting untuk segi keamanan itu juga berpengaruh dengan hosting yang kita pakai. 😀

  2. sama baik nya menurut saya,,
    sama gratis nya dan full SEO juga hehee,,,
    cuman untuk lempar ke si mbah cenderung pilih WP dr joomla,aku sih gunain ke dua cms itu untuk bangun web juga,maklom net marketing ane soalnya.
    cuman wp lebih cepet nyapa ke simbah,, apa mungkin kurang dalemin daleman nya joomla kali ya,, wakakak
    by the way nice artikel dan bener juga tergantung kita cenderung mendalami CMS yang mana buat kita nyaman itu lah yang terbaik untuk kita.

    • iya gan, semuanya tergantung minat kita aja. Kalau saya bilang sih, fokus aja pada satu cms, dalemin itu, dan jadi masternya hehe

  3. Kalo web ini pake joomla atau WP?

  4. Ini juga lagi bingung pilih wp atau joomla

  5. Posting yang keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *