Advertisement
Web Design

Belajar Web Design itu Gampang-Gampang Susah

Seperti yang sudah pernah kami tulis pada artikel sebelumnya tentang bagaimana cara memulai belajar web design, sekarang kami akan menjelas tentang bagaimana rasanya saat belajar web design. Serius, ini gampang-gampang susah kok. Gampangnya bagaimana atau susahnya bagaimana kita akan bahas pada penjelasan berikut.

Belajar_Web_Design

Belajar Web Design itu Gampang

Berikut penjelasan kenapa belajar web design itu gampang.

Internet Sebagai Kebutuhan

Saat ini belajar apapun sangat mudah karena adanya internet. Apapun informasi yang kamu cari sudah ada semua di internet. Dengan adanya internet juga membuat orang-orang menjadi lebih suka berbagi apapun yang mereka ingin bagikan, mulai dari tutorial, cerita tentang pengalaman, kisah-kisah sukses, atau apapun yang menjadi minatnya atau yang bisa membantu orang lain untuk mendapatkan informasi.

Tidak hanya berbagi, internet juga bisa menjadi lahan untuk mencari uang melalui berbagai layanan iklan PPC, tentunya yang terkenal saat ini adalah google adsense. Internet saat ini sudah benar-benar menjadi sebuah kebutuhan, tidak dipikiri lagi hampir semua kalangan menggunakan internet, entah digunakan untuk bermain game, mengobrol dengan orang lain, mencari informasi atau yang lainnya. Bahkan dalam belajarpun kamu banyak akan menemukan informasi yang kamu butuhkan, terlebih lagi belajar yang berkaitan dengan web design.

Banyak Sumber Yang Bisa Membantu

Begitu banyak sumber yang bisa kamu dapatkan ketika kamu ingin mencari hal yang berkaitan dengan web design. Dari blog pribadi bahkan sampai blog yang ditulis oleh puluhan penulis yang sudah profesional dibidangnya. Dari bahasa inggris sampai bahasa indonesia pun ada, termasuk blog Berbagi Yuks, karena kami mempunyai misi untuk membantu teman-teman yang masih pemula bisa mengasah skill untuk menjadi seorang profesional. Jika kamu jeli dan bisa memainkan logikamu ketika mengetikan kata kunci di google, semua pencarianmu akan tersedia disana.

Banyak Forum Komunitas Tentang Web Design dan Developer

Jika kamu kesulitan dengan masalah yang sedang kamu pecahkan dalam belajar web design, coba bergabunglah diforum online seperti stackoverflow. Buat pertanyaan sesuai dengan permasalahan yang sedang kamu alami, tapi jangan menanyakan masalah yang sepele karena mungkin sebagian dari mereka akan malas untuk menjawabnya. Kamu jangan membuat pertanyaan yang sudah pernah ditanyakan oleh orang lain, search terlebih dahulu, jika kamu tidak menemukan solusi dari permasalahanmu, maka tanyakan.

Ketika kamu mencari hal yang berkaitan dengan web design dan developer di google biasanya selalu mendapat rujukan keforum ini. Banyak masalah yang berkaitan tentang web design dan developer kami pecahkan berkat teman-teman yang berada pada forum stackoverflow. Tidak harus pada forum dari luar, di Indonesiapun banyak forum yang mebahas tentang hal seperti ini Misalnya Kaskus. Di Kaskus ada sub kategori forum yang membahas tentang hal ini. Jujur saja, saat ini belajar sudah semakin gampang karena penggunaan forum semakain populer, jika kamu belum pernah belajar melalui forum, mulai sekarang cobalah.

Beli Buku Tentang Web

Meski buku yang membahas tentang web tidak sebanyak di internet, tapi tidak dipungkiri kamu juga harus memiliki buku. Pembahasa pada buku biasanya jauh lebih spesifik atau mendetail. Buku belajar web sekarang sudah banyak disediakan CD yang berisi materi (source code/file web) yang sesuai dengan pemabahasan pada buku. Hal ini akan membantu kita dalam belajar. Salah satu yang kami sarankan untuk di beli adalah buku yang diterbitkan oleh Lokomedia. Bagi kami penjelasan yang ada pada buku ini lumayan mudah dimengerti dan dipraktikan, apalagi sudah disediakan source file. 

Belajar Web Design itu Susah

Iya, belajar web design itu sangat susah, kenapa? Berikut akan kami jelaskan pada beberapa point seperti berikutnya.

Sedikit-Sedikit Mengeluh

Apa kamu tipe orang yang suka mengeluh? Belum apa-apa sudah ngeluh. Belum nyoba udah ngeluh. Kamu gitu gak? Kalau iya, maka kamu harus hilangkan sifat ini. Belajar web bukanlah hal akan selalu mulus. Saat mencoba sebuah studi khasus kamu akan dihadapkan berbagai masalah yang akan membuatmu semakin menjadi maestro.

Mengeluh bukan pilihan yang baik saat kamu sedang masa belajar, cobalah fokus pada penyelesaian masalahnya, jangan fokus pada masalah yang sedang kamu hadapi, misalnya terjadi error atau script-mu tidak mau jalan sesuai dengan apa yang kamu bayangkan. Semakin kamu banyak mengeluh, maka kamu tidak akan pernah mendapatkan pemecahan. Percaya deh. Teliti pelan-pelan, tanyakan ke google, mungkin saja kamu menemukan solusinya, daripada mengeluh mululu, kan?

Terlalu Mudah Menyerah

Kamu sedang belajar membuat drop down menu dengan css, tapi baru setengah jalan script yang kamu gunakan tidak mau jalan sebagaimana mestinya. Kemudian kamu berpikir, “Ah sudahlah, belajar yang lain saja. Sulit banget buatnya”. Kalau segitu saja sudah menyerah, kapan bisanya? Makanya, belajar web design itu dikategorikan susah kalau kamu terlalu mudah untuk menyerah. Mudah menyerah dalam proses belajar akan membuatmu ketinggalan hal-hal yang penting dari proses itu sendiri.

Jika kamu gemar menonton film, coba tonton Silicon Valley (TV Series. Kamu akan melihat bagaimana perjuangan mereka untuk menciptakan produk mereka sendiri. Apa mereka menyerah begitu saja ketika mendapatkan kesulitan? Tentu saja tidak. Mungkin ini bukanlah film yang berasal dari kisah nyata, tapi sebagian besar orang yang sukses di bidangnya mempunyai sikap pantang menyerah.

Malas Belajar

“Mau jadi apa kamu kalau malas belajar, hah? Mungkin kita sering mendengar kalimat seperti itu dari orang tua kita sendiri. Tapi memang benar sih, kalau kita malas untuk belajar maka kita tidak akan pernah tahu tentang apa yang baru, kita tidak akan pernah bisa mengetahui sesuatu yang belum pernah kita ketahui. Orang yang malas belajar akan tertinggal. Bagaimana kamu jadi “bisa” web design kalau kamu sendiri malas untuk belajar? Orang lain melihat derajat seseorang dari tingkat pendidikannya, tapi kami melihat derajat seseorang dari kemauan dia untuk belajar.

Saat kamu belajar web design, hilangkan sedikit demi sedikit 3 sikap ini, itupun jika kamu ingin berhasil dalam proses belajarmu.

Selain itu kamu juga harus mempunyai tujuan apa yang akan kamu lakukan ketika kamu sudah mahir dalam web design. Jangan sampai cuma sekedar ingin tahu saja, terlalu sayang waktu yang kamu buang. Cobalah ciptakan sebuah web atau apapun yang mungkin bisa berguna untuk orang lain atau dirimu sendiri dengan pengetahuan yang sudah kamu miliki.

Dalam blog ini kami juga menulis artikel tentang web design, jika kamu ingin me-request artikel, kamu bisa kirimkan ke email kami [email protected]. Jangan sungkan, jika artikel itu bisa kami terbitkan, maka akan kami terbitkan, mungkin saja artikel tersebut bisa berguna untuk teman-teman yang lain.

Silahkan tulis pendapatkan dikolom komentar.

Editorial Team

Editorial Team adalah mereka yang menulis artikel untuk blog PinDexain.

Related Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *