Advertisement
Web Design

Bagaimana Kita Memulai Belajar Web Desain?

belajar_web_desain

Belajar web desain bukan seperti kita belajar membuat mie instan yang dilakukan dengan beberapa tahapan. Ini benar-benar berbeda, iya berbeda. Belajar web desain bukanlah sesuatu yang instan sama halnya belajar web programing dan lainnya. Ketika kita sudah memasuki dunia ini, kita harus benar-benar harus fokus mempelajarinya jika kita ingin menjadi maestronya. Dikalangan para senior mungkin ini adalah hal yang mudah dan gampang untuk dipelajari, tapi bagi anda orang yang awam dan belum pernah menyentuhnya sama sekali, ini adalah hal yang sulit dilakukan, tapi bukan hal yang mustahil.

Dalah artikel ini saya ingin menceritakan pengalaman saya belajar beberapa tahun ini, meski saya bukanlah maestronya di berbagai hal dalam dunia web desain. saya cuma ingin menceritakan bagaimana saya belajar yang mungkin bisa diambil sebagian hikmahnya untuk anda memulai belajar ketika memasuki dunia web desain.

Kenali dulu dasar-dasar dalam pembuatan web

Hal ini penting untuk dilakukan, ketika 4 tahun yang lalu pada saat berada dibangku SMK karena memang pada materi dalam pelajari saya diharuskan menguasai syntax dasar html, beberapa pemrograman php dasar tapi tidak terlalu banyak untuk mempelajari css. Dari sinilah minat saya dalam dunia web mulai muncul, mungkin ini adalah awal saya mulai menyukai dunia ini hingga mencintainya.

Ketika orang-orang disekitar saya membicarakan web, maka mereka akan menunjukan nama saya, begitu sebaliknya. Images saya berubah karena kecintaan saya ini. Inilah pentingnya mempelajari dasar-dasar dunia ini, anda akan menentukan kecocokan anda disini, jika tidak dan anda merasa ini membosankan berarti anda tidak benar-benar mencintai dunia ini, anda mungkin hanya sekedar suka.

Cobalah belajar dari cms dan template yang sudah ada

Ketika mulai menginjak kelas 2 SMK, materi pelajaran tentang web tidak terlalu diperdalam lagi. Saat inilah saya mulai memperdalam dunia ini dengan cara otodidak. Entah benar atau tidak, sebagian orang-orang yang berhasil dibidangnya mempelajari kecintaannya dengan otodidak. Saya membeli, mencari diperpustakaan, di google yang membahas tentang web, web dan web. Entah di pemrogramannya ataukan dalam desainnya. Hingga saya mengenal yang namanya cms joomla.

Yang saya lakukan selanjutnya adalah mulai meng-custom template-templatenya yang terdiri dari barisan code html, css, dan beberapa code php. Karena semakin berkembangnya pimikiran (saya yakin ini dimiliki setiap orang), saya mencari artikel tentang bagaimana cara membuat template joomla. Pada akhirnya saya bertemu dengan seseorang maestro joomla yang tinggal dikawasan banyuwangi dan saya dibali. Beliau mengajarkan saya bagaimana cara mencari pentunjung di google search. Beliau juga mengajarkan saya apa yang harus dilakukan untuk menjadikan cms tersebut cms milik saya.

Dari sanalah saya memperdalam template yang saya custom hingga saya benar-benar memahami prinsip-prinsip css. Jujur sebelumnya saya tidak pernah mengerti dengan yang namanya css, saya cuma mengerti html dan sedikit php programing. Dari sinilah saya dapat menyimpulkan dengan mencoba-coba customize template-template yang sudah ada kita bisa mempelajari dan memahami untuk kita bisa membuat template kita sendiri. Setelah itu juga pertama kalinya saya membuat website resmi yaitu sebuah organisasi dilingkungan saya yang menggunakan cpanel berbayar dan menggunakan domain yang komersial. Bagi orang awam ini dalah sesuatu yang luar biasa apalagi ketika sudah mendapatkan project pertama.

Tetapkan diri anda, fokus, kerja keras & cerdas, dan terus mencoba

Ini hal yang harus dilakukan disetiap bidang apapun itu. Semua bidang harus harus mempunyai 3 tahapan ini, mungkin bisa lebih. Mengingat bagaimana saya belajar dulu (bahkan sampai sekarang) saya benar-benar mengatakan diri saya sebagai mesin yang bekerja sepanjang waktu. Tidak siang, malam, pagi, subuh saya terus belajar. hal yang pernah saya lakukan dulu itu adalah hampir 18 jam di depan komputer untuk ini. Untuk memecahkan masalah yang saya ingin dapatkan. Entah apa yang terpikirkan, jika masalah yang saya buat tidak terpecahkan saya tidak bisa berhenti, bahkan tidurpun saya pernah sampai memimpikannya.

Tetepkan diri anda apakah anda yakin akan berada di dunia ini. Apa anda siap belajar dan berkembang bersama dunia ini? Apa anda siap belajar long time untuk dunia ini? Jangan sampai anda membuang-buang waktu anda untuk hal yang tidak anda minati itu akan menunda keberhasilan apa yang anda minati dalam belajar, meski belajar itu tidak ada ruginya tapi ini kadang penting untuk awal kita memulainya.

Fokus untuk melakukannya, biarkan pikiran anda terpusat untuk dunia ini. Meski kadang  sebagian orang menyukai melakukan banyak hal yang kadang bisa memecahkan fokusnya, tapi fokus pada suatu bidang itu benar-benar bisa berhasil membuat kesuksesan dan dalam belajar dalam apapun itu. Bahkan perusahaan yang memecah fokusnya kadang akan menjadi aburadul tidak tertata apa yang benar-benar yang mau mereka kembangkan.

Kerja keras mungkin bukan hal yang baru dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan ditambah lagi dengan kerja cerdas. Ini adalah 2 kombinasi yang cocok anda lalui untuk memulai belajar dan memasuki dunia web desain. Saya tidak akan menjelaskan lebih pangjang lagi pada faktor ini, saya yakin anda lebih tahu dari saya maksud dari faktor ini.

Ketika ketiga faktor itu sudah anda lakukan, pasti anda akan menemukan berbagai macam permasalah, saya tidak pernah menjamin ketika anda membaca artikel ini anda akah terhindar dari masalah, itu salah besar. Hidup ini akan selalu diwarnai dengan masalah kehidupan, mungkin kata keren orang-orang “hidup tanpa masalah itu gak greget, lebih baik mati saja”. Hal yang mungkin bisa memberikan anda solusi dari permasalah anda adalah terus mencoba, jangan pernah menyerah, jangan berhenti ketika anda sudah memulainya. Ketika gagal, coba lagi. Ini bukan samangat dalam kehidupan saja, tapi juga ketika anda mencoba dan mulai memperdalami dunia web desain.

Tantangan diterima

Ketika anda sudah mulai mahir dalam dunia ini dan anda bisa memiliki beberapa project awal dengan konsep yang mungkin anda belum ketahui cara menciptakannya, jangan pernah menolaknya jika anda benar-benar ingin berkembang. Anggaplah itu adalah sebuah tantang yang akan anda hadapi. Buat masalah konsep yang rumit itu sebagai sebuah tantangan. Ketika anda sudah menyelesaikanya maka lihatlah apa yang sudah anda dapatkan, bukan cuma uang, tapi perkembangan pemikiran anda, kerja keras anda mulai meningkat, dan yang terpenting anda mendapatkan pengetahuan baru yang akan mebawa anda pada perkembangan untuk memasuki kompetisi dunia profesional

Ok, mungkin itu saya yang bisa saya bagikan, semoga anda bisa menjadi seorang maestro dalam bidang ini, cuma ingat belajar sepanjang waktu itu penting, jangan sampai anda kehilangan sedikit informasi maka anda akan tertinggal.

Oh ya, kami punya voucher diskon hosting di domainesia.com dan niagahoster.co.id.

Untuk diskon di DomainNesia, Kamu bisa mendapatkan diskon sebesar 20% dengan menggunakan kode promo HostDiskon. Sekedar informasi saja, blog ini juga menggunakan layanan hosting tersebut.

Mungkin kamu ingin diskon yang lebih besar lagi? Silahkan membeli layanan hosting dari Niagahoster dengan menggunakan kode promo a-HostingPromo.

Kamu akan mendapatkan potongan harga sebesar 10% – 40% dari total paket harga yang kamu beli. Dihari-hari tertentu, bahkan diskon bisa mencapai 50%.

Segera ambil voucher diskonmu sekarang juga, sebelum kehabisan. Kuota hanya untuk 50 orang pertama, sekarang sudah ada 40 orang yang menggunakannya.

Nah itu cuma sebagian cara saja. Penjelasan lebih lanjut mungkin akan kita bahas dilain hari, ini cuma bagian terpenting saja. Bagi pemula mungkin akan sangat penting, tapi untuk para master, ini palingan akan menjadi hal biasa saja.

Semoga bermanfaat.

image source: INPIVIC

Editorial Team

Editorial Team adalah mereka yang menulis artikel untuk blog PinDexain.

Related Stories

17 Responses to Bagaimana Kita Memulai Belajar Web Desain?

  1. kalo saya mah cuma modal aplikasi dreamwaver, selebihnya eksperimen mas. bisa dibilang otodidak lah :))

  2. seiring perkembangan jaman sekarang web desainer juga harus mampu membuat desain web yang responsiv di semua media hp tablet pc (responsive web design) dan cross browser (tampilan web bagus di berbagai macam browser)..

    • iya gan, bahkan sekarang itu sudah manjadi keharusan. Tapi kalo menurut saya sendiri, tidak semua web yang bagus untuk responsive-kan sih.

  3. Saya dulu belajar mengenai web desain juga dari bangku SMA, selebihnya adalah dari buku2 web desain dan pemrograman yang saya pinjam di perpustakaan.

  4. waduh, susah juga yaa. pantesan web developer matokin harga mahal, pengen buat website untuk toko fashion sendiri padahal. mampir juga yaa ke blog ane http://chandstwn.blogspot.com jangan lupa tinggalin jejak, thank’s #Cerkittt

  5. Learning by doing is the best .

    Website ini juga kayaknya ngikutin jaman, dari segi design. Flat Design lagi ngetrend ^_^

    Kunjungi juga

    web e-commerce tempat saya bekerja http://www.genreystore.com & http://www.digitalpoins.com

  6. walaupun belajar otodidak tapi kalo bisa bikin desain web sendiri rasanya lebih puas ketimbang hasil download desain punya orang lain…

  7. makasih ni..

    saya lagi mau bkin web tapi ga jadi2…lagi cari ilmu desain web mampir nya ke sini

  8. Terimakasih informasinya gan 🙂

  9. Sangat membantu nih. artikelnya,, Terima kasih banyak mas.. ditunggu update yang barunya hehehh
    salam kenal dari saya.. jangan lupa mampir ya gan
    http://kotakinet.blogspot.com/2017/06/belajar-website-dari-nol-untuk-pemula-2017.html

  10. terimakasih gan infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *