Advertisement
Html/Css/Jquery

Apa itu HTML? Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa itu HTML? Pertanyaan yang sering muncul untuk seorang pemula yang baru memulai proses belajar web.

Apa itu HTML?

HTML adalah kepanjangan dari Hypertext Markup Language dan merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan dalam mebuat halaman web.

Hypertext mengacu pada cara di mana halaman web (dokumen HTML) dihubungkan. Jadi, link yang tersedia pada halaman web disebut Hypertext.

Seperti namanya, HTML adalah bahasa Markup yang berarti kamu menggunakan HTML hanya untuk “mark-up” dokumen teks dengan tag yang akan memberitahukan browser struktur untuk menampilkan sebuah desain layout web.

Awalnya, HTML dikembangkan dengan maksud untuk mendefinisikan struktur dokumen seperti judul, paragraf, daftar, dan sebagainya untuk memudahkan berbagi informasi ilmiah antara peneliti.

Apa itu HTML

Sekarang, HTML banyak digunakan untuk membuat format halaman web dengan bantuan tag yang berbeda dalam bahasa HTML.

File HTML tidak lebih dari file teks sederhana, yang membuat kita saat mulai menulis dalam HTML, hanya memerlukan teks editor sederhana saja.

Misalnya ada Notepad yang merupakan teks editor yang selalu kita temukan pada komputer berbasis Windows, kalau bingung cara menemukan notepad kamu bisa search distartup menu Windows, saya yakin kamu sudah pada tahu cara membuat notepad. Untuk komputer Mac OSX datang dengan bundel TextEdit. Ada banyak teks editor yang bisa kamu gunakan untuk menulis kode html, dari yang editor sederhana maupun yang lebih advance.

Untuk pertama coba ketikan kalimat dibawah ini pada notepadmu atau teks editor yang kamu gunakan :

<html>
 <head>
  <title>Judul</title>
 </head>
 <body>
<p>Ini halaman web pertama saya. Harap maklum.</p>
</body>
</html>

Sekarang silahkan buat folder dengan nama latihan_html kemudian simpan file yang sudah kami buat dengan nama “latihanhtmldasar.html” kedalam folder yang sudah kamu buat sebelumnya.

Jika kamu menggunakan notepad berhati-hatilah. Ingat saat menyimpan file harus menggunakan ekstensi “.html”, biasanya notepad secara otomatis akan menyimpannya sebagai “.txt”, tidak cuma notepad saja sih, tapi mungkin beberapa teks editor lainnya juga gitu.

Kamu juga perlu memastikan bahwa file yang sedang disimpan sebagai teks biasa. TextEdit, misalnya, akan memulai file baru sebagai “Rich Text Format“, yang mengandung banyak format tambahan secara default. Dalam kasus tersebut, masuk ke-preferences  dan pastikan kamu memeriksa dan sudah memilih format “Plain text” sebelum membuat file baru.

Untuk melihat hasil file HTML yang sudah kamu buat sebelumnya, kamu bisa langsung klik dua kali (open) file tersebut. Kamu akan langsung melihat tampilan web pertamamu yang berisi tulisan “ini halaman web pertama saya. Harap maklum”.

Dalam artikel ini kami telah mengatakan untuk menggunakan teks editor sederhana, seperti Notepad misalnya, tetapi kamu mungkin akan tergoda untuk menggunakan software khusus seperti Adobe Dreamweaver. Kamu harus sangat berhati-hati ketika menggunakan program ini, terutama jika kamu seorang pemula, karena program ini sering memberi kode yang tidak perlu atau non-standar untuk “membantu”-mu.

Jika kamu serius tentang belajar HTML, kamu harus membaca tutorial seperti ini dulu, sehingga kamu setidaknya memiliki pemahaman dasar tentang apa yang sedang terjadi. Software seperti ini tidak akan pernah memberikan kontrol yang sama atas halaman web seperti coding by hand. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan  kode-editing khusus, kami merekomendasikan satu di mana kamu masih coding by hand. Mereka dapat, pada kenyataannya, sangat membantu, terutama lebih maju kamu, dalam hal sintaks kode menyoroti dan manajemen file.

Sekian pembahasan kali ini, nanti kita lanjutkan pada artikel berikut. Jika kamu ada pertanyaan atau masukan silahkan di tulis pada kolom komentar.

Editorial Team

Editorial Team adalah mereka yang menulis artikel untuk blog PinDexain.

Related Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *