Advertisement
Articles

Promo Hosting Murah hingga 20% – Web Hosting Terbaik di Indonesia Versi Pindexain

Promo hosting murah. Dapakan Promo hosting murah sebesar 20% di Domainesia dengan menggunakan voucher promo hosting murah hostdiskon.

Kamu masih pemula dalam dunia website? Atau kamu baru memulai usaha dan ingin membuat website? Mau promo hosting murah juga? Dalam ulasan ini saya akan menjelaskan kepada kamu bagaimana cara men-setup website anda dan memilih layanan hosting terbaik dan membagikan voucher promo hosting murah terbaik di Indonesia.

Ya sudah jelas sih layanan hosting yang terbaik menurut pandangan kami.

Tentu Domainesia.

Tapi, sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih dalam, saya mau memberikan anda voucher diskon hosting.

Promo hosting murah. Dapakan diskon hosting sebesar 20% di Domainesia dengan menggunakan voucher promo hosting murah hostdiskon.

Voucher diatas bisa kamu coba langsung dan berlaku selamanya untuk pembelian hosting baru.

Promo Hosting Murah

Kenapa Menggunakan Layanan Domainesia?

Domainnesia merupakan salah satu perusahaan penyedia domain dam hosting yang ada di Indonesia. Domainesia didirikam tahun 2009. Dengan 10 tahun berada dan melayani bidang domain dan hosting, tentunya perusahaan ini sudah berpengalaman dalam menangani berbagai macam permasalahan dalam dunia domain dan hosting

Untuk informasi saja, blog Pindexain saat ini juga menggunakan layanan domain dan hosting dari Domainsia, kenapa?

Sebelum kami pindah ke Domainesia, kami mempercayakan domain dan hosting kami dengan salah satu layanan serupa yang katanya murah.

Yah, namanya jaman masih mahasiswa dulu, masih tergiur dengan layanan murah. Pertama kali memakai layanan tersebut, server lumayan cepat, support lumayan baik, tapi ya gitu, murah tidak selamanya baik.

Beberapa tahun kemudian, perusahaan tersebut diakuisisi perusahaan lain, layanannya mulai memburuk. Ketika ada masalah, ditanya A jawabannya C, tidak memuaskan seperti sebelumnya.

Yang paling fatal, server sering down, 2 minggu sekali pasti aja ada downnya, itu bisa sampai seharian.

Kadang buka website perusahaan itu sendiri untuk submit ticket support pun tidak bisa.

Inilah yang membuat saya mencari layanan hosting baru lagi.

Setelah beberapa googling, akhirnya saya menemukan Domainesia. Dari beberapa review blogger lain, Domainesia masuk dalam kategori hosting terbaik.

Tapi, saya tidak begitu saja percaya dengan layanan baru. Saya coba kontak live chat customer service-nya, hal yang pertama kali saya tanyakan adalah “apakah support dari domainesia 24 jam?”. Customer service yang bertugas memalas chat saya pun mengatakan iya.

Berikut beberapa hal yang membuat saya mempercayai Domainesia sebagai penyedia hosting saya:

Fast Response

Bagi saya, domainesia adalah salah satu penyedia web hosting yang mempunyai layanan yang fast response. Beda dari layanan lainnya, mereka mempunyai fitur live chat yang responsive, tidak hanya menanyakan tentang informasi porduk saya, kamu juga bisa menanyakan masalah teknis lainnya.

Ketika kamu bertanya masalah teknis dan mereka tidak bisa menjawabnya dalam live chat, maka mereka akan mengarahkan ke ticket support. Ticket support-nya juga fast response. Tidak perlu menunggu waktu sampai 1 jam, mereka akan membalas pesan yang kamu kirimkan.

Yang paling menyenangkan bagi pekerja malam atau orang-orang yang sukanya bekerja pada malam hari atau subuh, live chat ini online 24 jam sehari. Sampai saat ini, meski dihari libur mereka masih stand by.

Ini tentu memberikan nilai plus bagi saya sendiri. Meng-onlinekan website tidak sekedar, buat website, upload ke server, kelar. Tapi, dalam perjalanan akan banyak ada masalah yang terjadi, terutama sinkronisasi layanan lain dengan website kita. Atau masalah yang terjadi di server.

Jika ini lama ditangani, akan membuat kerugian bagi kita sendiri.

Jika kamu blogger dan mempunyai penghasilan dari iklan, maka 1 hari down itu artinya kehilangkan banyak rupiah dalam hari itu.

Menyebalkan juga kan, ketika mau nulis artikel baru tapi blog tidak bisa di akses? Hal ini pernah terjadi pada blog ini karena dulu kami tergiur dengan hosting murah, tapi ketika down, ticket support responsenya lama sekali, ketika ditanya kenapa down, mereka tidak pernah mau menjawabnya.

Saya tau server pasti akan pernah down, tapi yang menjadi masalah down bisa sampai seharian, bahkan pernah 2 hari lebih saya tidak bisa mengakses blog ini. Maka dari itu saya mulai mencari-cari penyedia layanan hosting lainnya.

Dan saya menemukan layanan Domainesia.

Kualitas Server A+

Bagaimana dari kualitas server? Sampai saat ini kecepatan servernya saya bisa kasi nilai A+. Down jarang. Jangan ketemu masalah dari sisi server. Jika kamu tidak mempercayainya, kamu bisa langsung mencobanya sendiri. Silahkan buka website domainesia kemudian gunakan voucher diskon hostdiskon untuk mendapatkan potongan harga sebesar 20%. Saya jamin, kamu tidak akan kecewa dengan layanan mereka.

Domainesia juga mempunyai server yang ramah dengan google. Website yang pernah saya buat belum saya daftarkan ke Google Web Master Tool pun tiba-tiba ter-index sendiri. Bahkan websitenya belum berisi konten apa-apa, masih blank page.

Jika kamu menggunakan wordpress sebagai CMS websitemu, saya sangat menyarankan menggunakan hosting dari domainesia. Karena terdapat tool yang mempermudah kamu melakukan instalasi wordpress. Maka dari itu kami nobatkan domainesia sebagai salah satu web hosting terbaik di Indonesia.

Banyak Pilihan Server

Domainesia mempunyai banyak pilihan hosting untuk kebutuhan personal dan juga bisnis. Paket yang hosting yang diberikan saya yakin benar-benar cukup untuk keperluan website yang akan kamu onlinekan. Untuk blogger pemula, paket hosting 300 MB saya rasa masih cukup, kalaupun terasa kurang, kamu masih bisa upgrade paket.

Yang terpenting bukan space hosting yang diberikan, tapi unlimeted bandwidth. Jika bandwidth dibatasi akan sedikit membahayakan jika trafik websitemu tinggi. Websitemu akan sering down karena kehabisan bandwidth. Ada beberapa layanan hosting yang memberi batasan bandwith tiap bulannya.

Blog ini meski visitornya tidak terlalu banyak, tidak lebih dari 15.000/bulan sudah menghabiskan 10 GB bandwidth tiap bulannya. Bagaikan jika trafiknya 100.000 visitor/bulan? Jika bandwidth yang diberikan terbatas, mungkin kamu sudah harus upgrade paket yang paling mahal.

Harga Terjangkau

Bagaimana untuk masalah harga? Harga hosting di domainesia benar-benar terjangkau untuk kamu yang masih pemula, apalagi masih belajar dari membuat website. Harga paling murah 8.000/bulan atau 99.000/tahun dengan 300 MB space dan unlimeted bandwidth. Dan untuk hosting bisnis cuma 80.000/bulan atau 990.000/tahun dengan 6 GB space dan unlimeted bandwidth.

Harga ini tergolong murah. Saya sudah menyandingkan dengan layanan lainnya, tapi layanan hosting di domainesia lah membuat saya berpikir ini adalah web hosting terbaik di Indonesia. Harga tergolong murah dengan spesifikasi enak dihati dan layanan yang responsive.

Hanya perlu uang 200.000 kamu sudah bisa mendapatkan domain dan hosting. Untuk hosting bisnis kamu sudah mendapatkan gratis domain saat pembelian pertama.

Bukan hosting bisnis saya, tapi personal hosting dengan paket 396.000/tahun juga kamu sudah mendapatkan gratis domain.

Dalam memilih hosting, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan, selain harga yang murah tentunya:

Harga Murah

Harga murah sudah tentu, terutama bagi kamu yang masih belajar dan mecoba-coba sesuatu hal yang baru. Tapi, tidak semua yang murah bagus (kebanyak seperti itu). Harga murah kadang menipu kita setelah membelinya. Maka kamu harus perhatikan hal-hal yang lainnya juga.

Lihat Spesifikasi Yang Diberikan

Setelah melihat harga yang lumayan terjangkau untuk isi rekeningmu, sekarang kamu bisa lihat spesifikasi yang diberikan. Berapa space yang diberikan, berapa bandwidth yang ditawarkan. Nah masalah bandwidth akan ada yang menawarkan unlimeted bandwidth, hati-hati ini akan membuatmu keliru.

Unlimeted bandwidth tidak semua benar-benar unlimeted, biasa akan ada batasannya. Untuk layanan di Domainesia, harga paket termurah disarankan untuk jumlah visitor 400/hari. Tapi, kami sudah mencobanya dengan visitor diatas 500/hari dan website masih running. Sekali lagi, sebelum kamu membeli, silahkan tanyakan ke customer service masalah unlimeted bandwidth.

Support yang Fast Response

Ini adalah salah satu hal yang paling penting. Tidak apa-apa membayar sedikit lebih mahal jika layanan support-nya lebih baik. Itu prinsip yang saya gunakan dalam memilih hosting. Tapi, jika dapat yang lebih murah dan layanan support A+ kenapa engga coba dulu?

Sudah hampir 2 tahun saya menggunakan layanan Domainesia, jarang terjadi masalah, beda dengan hosting sebelumnya. Para team supportnya benar-benar membantu saya dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada website saya.

Promo Hosting Murah Web Hosting Terbaik

Dari semua, keunggulan diatas, tentu yang terpenting adalah promo web hosting murah yang diberikan oleh Domainesia. Dengan menggunakan voucher promo hosting murah hostdiskon, kamu bisa mendapatkan potongan harga sebesar 20% dari setiap pembelian hosting yang kamu lakukan di Domainesia.

Diskon ini bisa kamu gunakan terus-menerus untuk tiap pembelian web hosting baru. Tentu ini bisa menghemat uang yang harus kamu keluarkan seandainya kamu akan membuat banya website.

Cara Membeli Hosting di Domainesia dan Mendapatkan Promo Hosting Murah

Cara membeli hosting di Domainesia sama seperti membeli hosting dipenyedia lainnya. Jika kamu masih merasa bingung bagaimana caranya, berikut akan saya berikan tutorial singkatnya.

Pertama silahkan buka dulu wbesite domainesia, silahkan klik disini.

Kemudian ketik nama domain yang ingin kamu daftarkan. Maka akan muncul beberapa pilihan domain yang available yang bisa kamu gunakan  untuk websitemu.

Promo Hosting Murah

Selanjut, klik pada pesan paket hemat.

Kamu akan segera diarahkan ke detail pemesanan.

Pada lokasi server, kamu bisa memilih lokasi server mana yang ingin kamu gunakan, kalau saya sendiri lebih memilih lokasi server Dallas, US, atau di Amerika, konon katanya lokasi server yang berada di Amerika lebih gampang di index oleh robotnya Google.

Pada bagian siklus, kamu bisa memilih kemampuan mu membayar saat ini. Jika kamu mempunya spare uang untuk membayar lebih, maka bayar untuk 2-3 tahun ke depan. Ini jika kamu serius mengolala website atau blogmu juga. Tapi, jika untuk coba-coba saja, saya sarankan pilih siklus 1 tahun saja.

Untuk addons hosting silah pilih Let’s Encrypt Free SSL, ini salah satu fitur SSL gratis dari Domaineisa, sedangkan untuk Comodo SSL itu adalah fitur berbayar, harganya Rp 99.000. Untuk melihat harganya, kamu bisa centang pada bagian Comodo SSL.

Sekarang kita ke pengaturan domainnya, pada bagian nama domain dan durasi dibiarkan saja.

Untuk addons kami bisa centang DNS Zone Manager, ini salah satu fitur gratis yang diberikan pihak Domainesia, ambil saja, mumpung gratis. Untuk Privacy Protection, bisa kami ambil atau tidak, karena ini berbayarr. Oh ya, fitur addons adalah fitur yang diberikan jika kamu membeli domain di Domainesia, bukan untuk hosting.

Nah, khusus untuk fitur privacy Protection tadi, fungsinya adalah melindungi data kamu agar tidak salah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya, karena data domain kamu tidak diproteksi, maka emailmu akan muncul di data WHO IS domain dan ini bisa disalahgunakan untuk email spam. Pernahkan, kamu sebagai pemilih domain tiba-tiba mendapat email spam dari email yang kamu tidak kamu ketahui? Itulah kenapa data domainmu perlu diproteksi keprivasiannya.

Untuk fitur instalasi otomatis atau instan deploy bisa kamu centang untuk mempermudah instalasi aplikasi website yang akan kamu gunakan, tapi tidak usah di centang jika kamu akan melakukannya manual dari cpanel. Pada poin berikutnya akan saya jelaskan.

Pada bagian terakhir, silahkan isikan email yang masih aktif. Kemudian klik tombol masukkan troli.

Terus pertanyaan, bagaimana kalau saya sudah punya domain dan cuma ingin menyewa hosting saya? Caranya mudah, silahkan klik link berikut. Kamu akan langsung diarahkan untuk pembelian hosting saja.

Pada formulir nama domain, silahkan masukan domain yang sudah kamu miliki. Untuk pengaturan lainnya, sama seperti penjelasan sebelumnya. Kemudian klik tombol masukkan troli.

Setelah mengklik tombol tersebut, kamu akan langsung diarahkan ke halaman troli, pada halaman tersebut kamu bisa memasukan voucher diskon yang kami berikan. Masukkan diskon kode hostdiskon keformulir kode promo, tapi sebelum itu silahkan remove dulu kode yang sudah dimasukan otomatis oleh sistem, jika kamu ternyata sudah menemukan ada kode promonya.

Hosting Murah Terbaik di Indonesia

Klik tanda silang sebelah kanan formulir, kemudian masukan kode promo yang kami berikan.

Promo Hosting Murah Terbaik di Indonesia

Jika sudah selesai, silahkan login ke akun Domainesia kamu.

Atau kamu bisa mendaftar jika kamu belum memiliki akun  Domainesia.

Promo Hosting Murah Terbaik di Indonesia

Silahkan lengkapi formulir pendaftaran, jika sudah konfirmasikan email anda, kemudian login.

Nanti kamu akan diberikan digital invoice, seperti contoh dibawah.

Silahkan transfer sejumlah yang diberikan ke rekening yang tertera pada inviuce dan jangan lupa menuliskan no invoice pada berita transfer jika kamu menggunakan rekening BCA, ini berfungsi untuk aktivasi instan akunmu. Jadi, kamu tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran.

Jika sudah selesai melakukan pembayaran, silahkan klik tombol cek pembayaran. Jika dalam 20 menit, akun hosting kamu belum aktif juga atau pembayaran kamu belum diterima pihak Domainesia, silahkan konfirmasi ke chat support-nya.

Seperti yang saya katakan pada poin sebelumnya, salah satu keunggulan domainesia adalah mempunyai support yang lumayan fast response. Jadi, kamu tidak perlu khawatir harus menunggu lama untuk mendapatkan balasan dari support-nya.

Nah, setelah akun kamu aktif. Mari kita masuk ketahap selanjutnya. Yaitu, melakukan instalasi wordpress. Jika kamu sudah menggunakan instan deploy saat pembelian hosting dan memilih wordpress, kamu bisa melewati tahap instalasi wordpress ini.

Oh ya, dalam kasus artikel ini, kita menggunakan WordPress sebagai CMS website. Karena WordPress adalah CMS yang paling popular didunia dan penggunaannya juga gampang dan simple dari CMS lainnya.

Cara install wordpress

Selanjutnya kita akan melakukan tahap instalasi wordpress bagi kamu yang menggunakan metode manual.

Silahkan login dulu ke cpanel. Username dan password cpanel biasa dikirimkan setelah akun hosting kamu aktif ke email yang kamu gunakan untuk mendaftar. Pertama silahkan bukan namadomain.com/cpanel. Ketik nama domain kamu, kemudian garis mirip cpanel. Kamu cuma perlu menambahkan slug cpanel pada domain kamu.

Maka akan muncul seperti gambar dibawah.

Web Hosting Murah Terbaik
Silahkan login ke cpanel kamu dengan username dan password yang sudah diberikan.

Jika kamu tidak menemukan password pada akun Domainesia, silahkan cek email pembelian hostingmu, biasanya admin domainesia akan mengirimkannya ke email.

Promo Web Hosting Murah Terbaik

Setelah login, maka kamu akan diarahkan ke dashboard cpanel seperti gambar diatas. Kemudian, scroll kebawah pada bagian instant deploy apps. Pilih wordpress untuk menginstall wordpres.

Hosting Murah Terbaik

Kamu akan diarahkan ke halaman instalasi wordpress. Pada halaman tersebut silahkan klik tombol Install Now.

Hasilnya, kamu akan diberikan formulir pengisian data untuk pengaturan wordpressmu. Mari kita bahas satu per satu.

Promo hosting Terbaik

Choose the version you want to install: Silahkan pilih versi wordpress yang ingin kamu gunakan, saya menyarankan gunakan versi wordpress yang terakhir.

Choose Protocol: Nah, karena saat ini Google menyarankan menggunakan https, maka pilihkan https. Ini fitur gratis yang saya katakan sebelumnya saat pembelian domain dan hosting.

Choose Domain: Pilih domain yang terdaftar pada akun hosting kamu, jika terdapat 1 domain saja, maka biarkan default.

In Directory: Bagian ini bisa kamu kosongkan kalo kamu cuma berencana menggunakan hosting tersebut hanyaa untuk 1 website/domain saja. Secara default sistem akan menginstall file wordpress pada directory public_html. Tapi, jika kamu ingin menginstall lebih dari satu domain, bisa isikan nama sesuai dengan nama directory yang ingin kamu buat. Ini bisa membantu agar file instalasi tidak berantakan. Untuk kasus kita ini, silahkan biarkan kosong saja.

Site Description: Untuk formulir ini, bisa kamu berikan deskripsi tentang blog kamu. Atau tagline juga bisa.

Enable Multisite (WPMU): Checkbox ini silahkan dikosongkan saja (tidak di centang).

Admin Username: Ini merupakan username yang akan kamu gunakan untuk login ke halaman admin wordpress. Silahkan buat username baru, jangan samakan dengan usernama cpanel.

Admin Password: Sama dengan username, password disini yang akan kamu gunakan untuk login ke halaman admin, jangan gunakan password yang sama dengan cpanel, kalau bisa buat password dengan kombinasi huruf kapital, anggka simbol. Dan ingat, catat username dan password yang sudah kamu buat agar tidak lupa.

Admin Email: Silahakan masukan email yang aktif kamu gunakan. Karena apapun notifikasi, seperti pembaharuan sistem akan dikirimkan ke email ini. Termasuk jika kamu lupa password dan melakukan forgot password, link konfirmasinya akan dikirimkan ke email ini.

Select Language: Silahkan pilih bahasa yang ingin kamu gunakan. Saat ini wordpress sudah tersedia dalam bahasa Indonesia, bagi kamu yang tidak terlalu paham dengan bahasa inggris, silahkan pilih bahas Indonesia saja.

Limit Login Attempts (Loginizer): Kamu bisa centang fitur ini. Fitur dari plugin wordpress yang mem-block IP yang melakukan login yang berulang-ulang. Ini akan melindungi akun wordpressmu dari hacker yang berusaha masuk ke halaman adminmu.

Classic Editor: Ini fitur yang wajib kamu gunakan. Silahkan centang terlebih dahulu. Fitur dari plugin wordpress yang membuat halaman editor wordpress ke tampilan lama (seperti microsoft word). Jika fitur ini tidak kamu gunakan, maka kamu akan diberikan fitur editor yang baru, menggunakan drag & drop, agak sedikit ribet digunakan untuk kepentingan menulis.

Pada bagian Advanced Options silahkan dibiarkan default saja, tidak perlu melakukan perubahan. Kemudian klik tombol install.

Setelah proses install selesai, sistem akan menampilan url login dan username & password halaman admin wordpressmu (url login: namadomain.com/wp-admin).

Jika kamu masih merasa bingung dalam melakukan instalasi wordpress dan mengatur fitur yang diperlukan saat kamu install themenya juga, kamu bisa menggunakan jasa install kami cuma 200.000 150.000 perisntall. Dan kamu akan mendapatkan support, bertanya apapun selama 7 hari penuh dengan meng-email kami.
Silahkan email ke [email protected] untuk pemesanan.

Memilih theme untuk wordpress

Dalam memilih theme wordpress, cuma ada dua pilihan yang bisa kami pilih mau menggunakan yang mana, yaitu, gratis atau berbayar.

Pertama mari kita bahas dulu apa kelebihan dan kekurangan wordpress theme gratis secara singkat.

Kelebihan

  • Tidak keluar biaya
  • Theme lebih ringan.
  • Theme tersebar di mana-mana

Kekurangan

  • Banyak fitur tidak tersedia
  • Hanya bisa menggunakan fitur seadanya
  • Kurang Lengkap

Tentu, yang namanya gratisan. Developer themenya pun tidak membuatnya sebaik-baiknya, tapi seadanya aja. Yang penting bisa digunakan dan tampilan website terbentuk, kelar.

Untuk theme berbayar atau premium itu kebalikan dari theme gratisan, semua fitur sudah pasti complate tersedia, meskipun banyak fitur membuat theme terasa lebih berat (tapi tidak semua, ada theme premium ringan banget, nanti saya kasi contohnya).

Untuk theme gratis, kamu bisa membuka di artikel tentang free wordpress theme yang sudah ditulis pada artikel blog ini atau klik ini.

Nah, untuk theme premium, saya mempunyai beberapa theme store yang mungkin theme-nya cocok untuk selera kamu.

Premium Theme WordPress

OkeTheme

OkeTheme merupakan salah satu developer theme yang saat ini masih eksis menjual theme-theme premiumnya untuk wordpress. Mereka mempunyai banyak pilihan theme dari berbagai kategori jenis usaha juga. Seperti theme untuk toko online, dealer, property, wisata, dll.

Theme yang dibuat juga mempunyai desain yang cukup baik dan lumayan user friendly. Silahkan buka link ini untuk melihat theme dari OkeTheme.

Untuk kamu yang ingin langsung membeli atau melihat theme Toko Online silahkan klin banner dibawah ini.

OkeStore Theme

Atau cuma untuk sekedar untuk blog biasa saja atau media online? Silahkan klik banner dibawah.

MagaZimple Theme

Wolpeper Theme

Selengkapnya kamu bisa lihat di link ini.

Premium WordPress Themes

Karatok Theme

Berikutnya adalah theme dari Karatok. Sama halnya seperti OkeTheme, Karatok juga mempunyai banyak pilihan theme yang bisa kamu gunakan dalam membuat website atau blogmu, cuma pilihannya memang lebih sedikit. Cuma untuk blogger themenya, layoutnya terlihat lebih clean dan sederhana.

Kalo menurut saya, theme ini lebih enak digunakan untuk theme blog. Silahkan klik link ini untuk melihat contoh desain themenya.

Karatok Theme

Untuk theme toko onlinenya sendiri, juga lumyan apik desainnya dan lebih terlihat bersih dan sederhana. Silahkan klik banner dibawah untuk lihat theme toko online yang mereka sediakan.

template toko online

Itu semua theme-theme premium yang mungkin bisa kamu pilih dan gunakan sebagai theme blog atau website yang sedang kamu buat.

Cara promosi website

Kalau sudah punya website, langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah mempromosikannya. Buat website tidak dipromosikan, ya sama aja, buka toko tapi dibiarkan begitu saja, berharap ada orang yang datang mengunjungi toko. Boro-boro mau beli barang yang kita jual, mungkin noleh aja orang-orang tidak mau. Mereka tidak tau apa yang kamu jual di toko itu.

Website jenis apapun, termasuk blog. Tentunya harus dipromosikan. Teknik promosi bisa dibagi 2, gratisan dan berbayar. Bedanya? Cuma masalah lama waktunya mencapai audience atau user yang dituju saja.

Teknik Promosi Gratisan

SEO

Jika kamu membuat website yang bertujuan untuk blogging, maka teknik promosi ini wajib kamu jalani. Karena yang harus kamu pikirkan adalah jangka panjangnya. Bukan cara cepat menyentuh user atau pengunjung website. Semakin bagus posisi blog kamu di google, tentu akan semakin banyak pengunjung yang akan datang.

Tapi, banyaknya pengunjung tidak menentukan banyaknya uang yang kamu dapatkan juga ya. Kecuali, kalo blog yang kamu buat bertujuan untuk adsense, tentu semakin banyak kungjungi adalah semakin banyak uang.

Bagi kamu membuat website bertujuan untuk jualan online, entah barang atau jasa, Teknik SEO ini juga bisa kamu manfaatkan. Tapi, berbeda dengan blogging, banyak kunjungan ke website belum tentu banyak uang (memberi penjualan) kalau pengunjungnya bukan target marketmu. Disini kamu harus membuat konten yang bisa menarik target marketmu berkunjung ke website dan membeli barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Untuk hal yang sifatkan jualan barang atau jasa teknik ini memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya, 3 bulan, 6 bulan, bahkan 1 tahun lagi baru hasilnya akan terlihat, itupun juga kamu benar melakukannya.

Bagikan di Media Sosial

Setelah kamu membuat website ataupun konten di websitemu, kamu bisa membagikannya di media sosial seperti facebook, twitter, atau instagram untuk menarik followermu mengunjungi websitemu. Mungkin saja diantara mereka ada yang tertarik membeli atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan.

Teknik Promosi Berbayar

Beriklan di Google

Bagi kamu yang membuat website untuk jualan barang atau jasa saya bisa sarankan menggunakan cara ini jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, tapi tidak 100% berhasil juga jika kamu tidak paham caranya.

Untuk kamu blogger, tidak saya sarankan. Karena kamu akan membuang-buang uangmu untuk membayar google demi mendapatkan pengunjung yang hanya membaca artikel yang kamu buat dan tidak membeli apapun. Kecuali, kamu menggunakan mempromosikan artikel yang mengandung materi jualan. Boleh saja.

Google adalah mesin pencarian terbesar di dunia, wajar saja dengan membayar mereka bisa membantu kita meningkatkan penjualan. Ketika orang-orang butuh sesuatu mereka akan googling. Ketika pengguna mencari sesuatu yang mereka butuhkan di google dan muncul iklan kamu yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka akan membuka websitemu dan kemungkinan akan membeli barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Beriklan di Facebook & Instagram

Sama halnya beriklan di Google, beriklan di facebook atau Instagram juga bisa kamu lakukan untuk mempromosikan websitemu. Terserah kamu blogger, pemilik toko online, penyedia jasa, bisa beriklan disini. Tapi, tentu lihat efektifitasnya juga, apakah beriklan disini cocok buat bisnis atau website yang kamu jalankan saat ini.

Ada blogger yang menggunakan iklan facebook untuk membangun brand awareness blog mereka. Tidak cuma mencari kungjungan saja. Pemilik produk atau jasa juga bisa menggunakan ini untuk membangun brand awarenes, tentu juga untuk mendapatkan penjualan.

Dari Semua teknik diatas mana yang lebih efektif? Berbayar atau gratisan? Jawaban saya, kombinasikan keduanya. Jika punya dana lebih, lakukan promosi berbayar, jika tidak, manfaatkan cara gratisan. Mengkombinasikan beriklan di google dan facebook juga penting untuk mencapai penjualan yang ditargetkan.

Untuk lebih lengkapnya tentang bagaimana cara mempromosikan website, nanti akan saya bahas pada Ebook yang akan segara dirilis, “Bagaimana cara saya mendapatkan omset 10-15 juta (bahkan lebih) dari Website”. Silahkan subscribe dulu menjadi bagian dari Mailing List kami untuk mendapatkan info lainnya.




Jika ada hal yang ingin kamu tanyakan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

I Wayan Widyana

Selalu menganggap diri seorang pemula. Seorang Website Designer yang lagi suka nulis, juga editing video, dan memperhatikan tren desain. Entrepreneur. Co-Founder & CTO Pilar Kreatif Studio - Marketing & Editor Palawakia Studio

Related Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *