Advertisement
Wordpress

WordPress Themes Tidak Harus Mempunyai SEO Options, Mengapa ?

Hal ini mungkin sering diperbincangkan dikalangan developer. Bahkan saya pernah mendengar kalau teman saya membeli bahwa sebuah theme bisa meningkatkan SEO dari websitenya. Atau mungkin setiap kali kamu memasuki forum untuk pembelian theme wordpress kamu akan mendengar orang merekomendasikan theme karena mereka “SEO Friendly”?  Tapi apa “SEO Friendly” benar-benar berarti dan mengapa sebagian orang berpikir itu berarti? Nah, untuk hal ini saya mengambil sumber dari WPbeginer, mungkin teman-teman sudah tau situs tersebut.

WordPress Themes Tidak Harus Mempunyai SEO Options, Mengapa ?

Wordpress Themes Tidak Harus Mempunyai SEO Options

Apa  Tujuan Thema Tersebut?

Untuk membuat hal-hal terlihat baik (terorganisir dan bersih), sehingga orang lain dapat memanajemen situs dengan mudah. Bagaimana kamu membuat theme terorganisir dan bersih? Selain dari semua user interface (UI) dan elemen visual, kamu harus memiliki code yang bersih. Kode harus semantic dan harus mengikuti standar web. Sebuah theme seperti itu adalah “SEO Friendly” theme. Ini adalah apa yang kita lakukan ketika kita melihat dan mengatakan theme tertentu adalah SEO friendly.

Sekarang Sebagian orang berpikir agar theme tersebut bisa dikatakan “SEO Friendly”, ia harus memiliki fitur lain seperti Breadcrumbs, SEO Options, dll Tapi itu tidak benar. Tentu itu akan meningkatkan SEO pada halaman, tapi jika kamu memiliki meta tag, Breadcrumbs, dll. Namun, hal ini tidak diperlukan untuk thema agar bisa dikatakan SEO friendly.

Jadi mengapa theme Designer / Developer melakukannya?

Yah itu mungkin adalah salah satu strategi pemasaran. atau jika kasarnya kita bisa mengatakan itu adalah tipu muslihat dalam pemasaran. Alih-alih memfokuskan energi mereka pada memproduksi theme terbaik bisa mereka buat, mereka membundel theme dengan satu set kecil SEO Options. Hal ini juga untuk bersaing dengan industri dan para pesaing.

Mengapa WordPress Theme tidak harus memiliki SEO Options?

Dengan mempunayi SEO Options, perusahaan-perusahaan ini merugikan secara ekstrim bagi pengguna mereka (khususnya pemula). Karena jika pengguna pernah memutuskan untuk beralih theme mereka ke theme yang lainnya, mereka kehilangan semua data SEO untuk posting lama jika mereka tidak mentransfer pengaturan SEO dengan benar. SEO Options jelas berada diwilayah plugin yang pengembang theme harus menghindari penyalahgunaannya. Terutama karena SEO Options mereka tidak akan pernah selengkap sebuah plugin seperti WordPress SEO by Yoast (diunduh lebih dari 1 juta kali). Pilihan seperti nofollow tags, redirections, no-index, sitemaps dan indeksasi akan membuat theme bengkak.

Jika sebuah perusahaan thema tidak ingin mendukung sebuah plugin yang sangat baik seperti WordPress SEO by Yoast, mereka harus mengatasi masalah ini dengan Plugin sendiri (bukan theme mereka). Sebagian besar perusahaan terkenal memahami pentingnya plugin seperti WordPress SEO by Yoast atau All in One SEO Pack, sehingga mereka secara otomatis mendaftarkan SEO Options mereka ketika plugin aktif.

Editorial Team

Editorial Team adalah mereka yang menulis artikel untuk blog PinDexain.

Related Stories

3 Responses to WordPress Themes Tidak Harus Mempunyai SEO Options, Mengapa ?

  1. saya bingung maksudnya gimana sih?… klo make wp tidak perlu SEO option dan Plugin lagi seperti Yoast? karena diakhiran ada tulisan “Namun, itu akan membuatnya jauh lebih mudah jika mereka tidak ingin melakukan itu sama sekali.”

    • SEO option yang di maksud itu adalah pada wp theme. Bukan pada website wordpressnya. Dari pada menggunakan theme yang mempunyai fitur SEO options, lebih menggunakan plugin SEO seperti Yoast, karena fiturnya lebih kompleks.

  2. benar juga, kalau sewaktu – waktu theme tersebut diganti maka fitur2 seo otomatis akan hilang dan belum tentu theme tersebut akan digunakan selamanya karena alasan tertentu seperti tidak pernah di update ke versi yang baru
    trims atas masukannya, sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *