Advertisement
PinStories

PinStories #4: Ngomongin Kantor

Kalau bercerita tentang kantor, orang-orangnya seakan sudah menjadi keluarga kedua buat saya. Hampir setengah dari hidup saya, saya luangkan untuk mereka. Bercerita, bercanda, tertawa, stress bareng. Hampir semuanya.

Sebuah kultur kantor yang ingin saya ciptakan, tidak ada antara bos dan pegawai, yang ada antara kakak dan adik-adiknya.

Kita bertumbuh bersama, belajar dan berkembang bersama. Mencari yang tidak tahu menjadi tahu bersama-sama. Memecahkan persoalan bersama-sama. Dengan begini, kehidupan tidak akan menjadi begitu ruwet. Kata “Kerja” tidak lagi menjadi bayang-bayang kegelisahan.

5 Tahun saya dan partner menumbuhkan bibit kami. Yang awalnya hanya kami berdua, sekarang sudah menjadi 13 orang tim termasuk kami. Perjuangannya tidak segampang yang terlihat. Bahkan pada di titik ini pun kami masih terlihat kecil dari apa yang kami dapatkan.

Hasil kadang tidak searahkan pengeluaran operasional. Hal ini yang membuat CEO kami, partner saya, sedikit kelimpungan. Terlebih kami punya tanggung jawab menyelesaikan tugas dari Mentor yang kami bayar mahal untuk mementoring bisnis kami.

Kenyataan saya sadar, saya bukan disana. Tugas saya ada dalam operasional. Terlalu fokus pada target kadang lupa akan bagaimana opersional di dalam perusahaan itu sendiri.

Akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke dalam. Ikut dalam target, tapi terus mengontrol operasional, terutama dalam pengembangan produk yang akan segera kami rilis.

Produk ini tidak cuma menjadi penghasil pundi-pundi saja, tapi membuat perubahan dalam sistem pekerjaan kami, terutama dalam sistem pengelolaan order dan lisensi website, ya karena perusahaan kami bergerak dibidang Website Service (bahasa kerennya).

Harus ada yang mengawasi pengembangan produk, alih-alih kejar target. Karena target tercapai juga karena produk yang mapan. Manfaat produk bisa diberikan ke konsumen dan menjadi penarik atau pemikat yang tidak akan pernah bisa mereka tolak.

Ya, kalo ngomongin kantor tidak akan ada habisnya. Akan ada banyak cerita baru yang mungkin bisa dibagikan. Entah dalam obrolan keluarga, saat nongkrong dengan teman-teman, atau obrolan sebelum tidur bersama istri.

I Wayan Widyana

Selalu menganggap diri seorang pemula. Seorang Website Designer yang lagi suka nulis, juga editing video, dan memperhatikan tren desain. Entrepreneur. Co-Founder & CTO Pilar Kreatif Studio - Marketing & Editor Palawakia Studio

Related Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *