Advertisement
PinStories

PinStories #2: Hidup Sebagai Entrepreneur

Banyak orang bilang, punya bisnis itu enak. Uangnya banyak, waktunya bebas. Salah! Punya bisnis itu gak enak, uangnya emang lebih banyak daripada jadi karyawan biasa, tapi ga punya waktu. Ga punya kebebasan waktu.

Dulu jaman masih kerja sama orang, saya merasa hidup sedikit lebih tenang, yang dipikirin cuma kerjaan yang diberikan. Akhir bulan, tinggal terima gaji. Diakhir hari, bisa pulang dengan santai, tidak mikirin kerjaan lagi.

Tapi, saat punya bisnis? Wah, pusing. Saya ada 2 bisnis. Hal yang pertama dipikirkan, “bulan ini nutup ga ya buat gajian anak-anak?” Belum lagi, ngurusin kerjaan, komplain klien. Ngapain ngurusin komplain klien kan udah ada tim? Ya, kalo tim kena komplain, pasti mereka bakalan nanya, solusinya bagaimana. Maklum, belum bisa sepenuhnya auto-pilot.

Intinya, punya bisnis itu ga enak. Ribet. Pusing. Apalagi baru-baru membangun, wah. Susah tidur.

Tapi, bagi kamu yang rela sedikit kehilangan waktunya, rela membuang energinya untuk belajar, rela me-ribet-kan hidupnya dan mau belajar tanpa henti. Yang paling penting, buat kamu yang punya MIMPI besar. Bisnis itu akan menyenangkan. Menantang. Hidup sebagai entrepreneur akan menjadi pengalaman yang penuh cerita.

5 Tahun ada didunia bisnis, banyak cerita yang saya punya. Dari bertemu klien yang aneh-aneh sampai dikhianati tim yang merupakan teman dekat. Ada dua pilihan untuk mencapai kebebasan finansial, membangun karir sebagai karyawan di perushaan bonafit atau membangun bisnis.

Pilihan saya, membangun bisnis. Ada mimpi yang ingin saya capai disini. Bukan karena uangnya saja, tapi bagaimana saya membantu orang lain dari karya yang bisa saya hasilkan, dari apa yang sudah saya kerjakan.

Salam.

I Wayan Widyana

Selalu menganggap diri seorang pemula. Seorang Website Designer yang lagi suka nulis, juga editing video, dan memperhatikan tren desain. Entrepreneur. Co-Founder & CTO Pilar Kreatif Studio - Marketing & Editor Palawakia Studio

Related Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *