Advertisement
Articles Opinion

Sebagai Desainer, Apa Yang Akan Kamu Lakukan Ketika Internet Mati?

Hidup Tanpa Internet

Sebagai manusia yang lahir di zaman internet, apapun yang kita lakukan selalu membutuhkan internet dari berhubungan dengan teman ataupun melakukan hal yang berkaitan dengan pekerjaan kita sendiri. Nah, bagaimana jika internet mati tiba-tiba? ISP yang kamu gunakan tiba-tiba mengalami gangguan selama seharian penuh. apa yang akan kamu lakukan? Dunia terasa hampa tanpa internet. Hari-hari serasa tidak berarti lagi karena ketinggalan tren baru di media sosial. Tidak bisa cari inspirasi untuk desain yang akan dibuat, Oh tidak dunia serasa menjadi neraka. Apa kamu berpikiran seperti itu?

Sebagian dari kamu akan bolak-balik restart modem atau router sambil mengamati up-down data yang muncul pada statistik modem. Tekan F5 berulang-ulang berharap jaringan internet kembali normal. Tidak hanya itu, sebagaian dari kita akan menelpon Customer Care dari ISP yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi terkait, mungkin dibarengi dengan debat panjang antara kamu dan mereka. Tapi, hasilnya? Nihil! Kamu tetap tidak bisa juga menggunakan internet selama seharian, bahkan sampai seminggu (ini mengerikan).

Hidup Tanpa Internet

Tapi jika ditanggapi dengan santai, hal tersebut tidak akan menjadi begitu mengerikan kok. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini.

Membaca Buku

Ini adalah aktifitas yang menyenangkan. Melewati hari dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan desain atau buku yang berkategori lainnya (Jangan bilang kamu tidak memiliki koleksi buku sama sekali, buruan deh beli!). Inspirasi tidak hanya didapat dengan mengetikan kata kunci yang kita cari di Google saja lho. Membaca buku juga salah satu cara untuk mendapatkan inspirasi. Percaya tidak percaya, membaca buku adalah salah satu cara terbaik untuk refreshing otak dari rutinitas dan juga bisa menambah wawasan kita. Kebanyakan dari kita terlalu malas untuk membaca buku, apalagi buku yang tebelnya 2 kali batu bata. Mendadak buku itu menjadi begitu mengerikan.

Menonton Film/Video

Bagi yang suka mengoleksi Drama Korea atau film yang selalu disensor (ini tidak disarankan) ini adalah kesempatan emas untuk melakukan estafet menonton serial tersebut. Manfaatkan waktu berharga ini, untuk menghibur dirimu agar tidak terlalu jenuh dengan tugas, tugas, tugas atau kerja, kerja, kerja. Jika kamu suka dengan film yang berbau motivasi kamu juga bisa menontonnya langsung. Mungkin juga video tutorial atau referensi yang kamu download dan belum sempat di tonton, kamu bisa tonton pada kesempatan ini.

Lebih Banyak Latihan

Tidak ada koneksi internet bukan berarti kamu tidak bisa berbuat apa-apa. Memang kamu tidak bisa mengirim email untuk pekerjaanmu, tapi kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk latihan dalam mendesain sesuatu. Bagi kamu yang suka hand drawing, pergunakan waktu ini untuk mengasah skillmu lebih jauh lagi.

Bersih-Bersih

Hilangkan jauh-jauh pikiran “desainer itu identik dengan tempat kerja yang berantak”. Ini adalah waktu yang tepat buatmu untuk membersihkan dan merapikan tempat kerjamu. Masa iya, bisa membuat desain yang rapi, tapi tidak bisa membuat tempat kerja rapi?

Tidur

Tidur adalah kegiatan paling favorit tiap orang saat sedang menjalani aktifitas yang sangat melelahkan. Daripada uring-uringan karena tidak ada koneksi internet, mendingan tidur, siapa tahu saat bangun internetnya sudah nyala kembali.

Meditasi

Menurut berbagai penelitian, meditasi dipercaya dapat mengurangi stress dan dipresi. Kamu bisa bermeditasi selama jaringan internet sedang mati. Tidak semua yang kamu cari bisa ditemukan digoogle. Mungkin saja setelah kamu melakukan meditasi, kamu bisa mengakhiri pencarianmu, seperti datangnya inspirasi yang sudah kamu tunggu-tunggu sekian lama.

Jalan-Jalan

Tidak ada salahnya menikmati dunia luar sekali-sekali untuk menyegarkan pikiranmu. Waktu 24 jam tidak harus digunakan untuk bekerja dan bekerja. Ada saatnya pikiranmu jenuh dan tidak bisa menerima apa yang sedang kamu lakukan saat itu. Dengan matinya internet, kamu bisa jalan-jalan keluar rumah. Lupakan sementara pekerjaanmu, nikmati apa yang sedang kamu lakukan saat jalan-jalan. Kesempatan ini juga bisa kamu pergunakan untuk mendapatkan inspirasi. Bermain dengan benda-benda yang belum pernah kamu ketahui dengan menjadikannya sebuah karya fotografi, tidak buruk untuk dicoba.

Medatangi Rumah Teman/Tempat Yang Ada (Free) Wifinya

Ini hal terakhir yang bisa kamu lakukan. Mendatangi rumah teman yang ada wifinya. Tentunya gratis. Jika kamu disuruh bayar, itu berarti dia bukan temanmu. Saya sendiri, jika koneksi internet dirumah bermasalah dan ada keperluan mendesak yang harus membutuhkan internet, saya juga biasanya keluar rumah untuk mencari free wifi. Ini sangat menyenangkan.

Editorial Team

Editorial Team adalah mereka yang menulis artikel untuk blog PinDexain.

Related Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *