Advertisement
Wordpress

Cara Menghentikan Spam Pada Situs WordPress Milikmu

Komentar Spam merupakan masalah yang sangat besar di dapatkan oleh sebagian blog yang ada di dunia. Apa di antara kalian juga mengalaminya? Pada blog berbagiyuks ini juga demikian, hingga kami harus memberikan reCaptcha pada kolom komentar blog ini, ini gunanya untuk mencegah ada both spam yang masuk.

Cara Menghentikan Spam Pada Situs WordPress

Apa itu both spam?

Both spam itu adalah sebuah robot/program yang digunakan oleh spamer untuk melakukan tindakan spam secara otomatis. Jadi kometar-komentar yang masuk ke kolom komentar kita akan selalu sama dan berulang-ulang. Selain itu spam juga bisa terjadi pada registrasi member jika kamu membuat membership area.

Ada sebuah plugin yang mungkin bisa membatu kamu dalam pencegahan tindakan spam ini selain askimet yaitu Stop Spammer Registrations, kamu tinggal menginstall plugin ini di blog kesayanganmu.

Ketika plugin tersebut terintall, aktifkan plugin kemudian masuk ke Settings » Stop Spammers.

Stop spam on wordpress site_1

Sebelum kamu menyimpan plugin ini kembali, klik tombol “Check Yout IP” untuk memastikan IP mu bersih dan masuk ke white-listed.

Cara Menghentikan Spam Pada Situs WordPress

Plugin ini menggunakan kombinasi anti spam teknik. Plugin ini juga menggunakan Stop Forum Spam database untuk memeriksa ip yang terdapat di blog/website kamu. Database ini adalah database besar dan aktif yang di pelihara dengan mengumpulkan data dari seluruh dunia. Hal in adalah cara tercepat untu mendapatkan spaming atau alamat email. Plugin ini menggunakan API Honeypot, Botscout API, dan WordPress API. WordPress API key adalah AP key yang sama dengan Akismet API yang kamu gunakan. Apakah kamu  menggunakan Akismet atau tidak, Anda masih dapat menggunakan WordPress API dengan plugin ini.

Stop spam on wordpress site_2

Jika anda merasa plugin ini terlalu agresif pada pengguna, kamu bisa memilih secara seleftif pada bagian mana kamu harus menempatkan plugin ini untuk memeriksa aktifitas yang sangat mencurigakan.

Stop spam on wordpress site_3
Pada sewaktu-waktu plugin ini juga akan Men-lock anda pada blog/website kamu sendiri. Jika itu terjadi mudah saja, kamu tinggal masuk ke FTP atau Cpanel website, kemudian ganti nama stop-spammer-registrations.php plugin menjadi stop-spammer-registrations.locked. Akses wp-admin, wordpress akan secara otomatis men-deactive plugin.

Selamat mencoba, semoga sukses.

Editorial Team

Editorial Team adalah mereka yang menulis artikel untuk blog PinDexain.

Related Stories

One Response to Cara Menghentikan Spam Pada Situs WordPress Milikmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *