Advertisement
Articles

Cara Mendapatkan Ide Dalam Menulis Blog, Atasi Mental Block

Pada artikel ini kami akan membahas cara mendapatkan ide dalam menulis blog dan mengatasi mental block-mu. Hari ini adalah Akhir pekan. Iya, seperti yang kita sendiri tahu, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk membuat sebuah acara liburan, terlepas dari semua beban yang kita hadapi saat hari-hari produktif. Pada akhir pekan tentunya kamu bisa bersantai, melakukan apa yang ingin kamu inginkan.

Membaca, menonton film favoritmu, atau keluar dengan teman-teman. Tapi, kali ini karena suasana mendung, udara sejuk, rasanya baik untuk menulis, maka saya akan mencoba membagi sebuah tulisan buat kamu yang selalu setia membaca blog ini. Tulisan ini saya dapatkan dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi saya juga.

Cara Mendapatkan Ide Dalam Menulis Blog

Ketika kamu belum (bukan “tidak”) mendapatkan ide mau menulis apa, ini mungin bukan karena kesalahan yang ada pada dirimu sendiri. Ini bukan masalah yang terdapat pada kepalamu, mungkin ini sebuah penyakit yang kita sebut stress. Seseorang sudah pasti akan pernah sesekali mengalami stress karena padatnya rutinitas. Banyak dampak yang diakibatkan oleh stess, salah satunya sulit mendapatkan ide. Mari kita fokus pada penyelesaiannya saja, bukan kedampaknya. Terus bagaimana?

Tenangkan Pikiranmu

Pikiran saya akan selalu terbawa kepada bermeditasi dan tidak berfokus pada apa-apa saat mendengar kalimat menenangkan pikiran. Dari pengalaman saya dengan melakukan meditasi setiap hari, memang benar ini bisa mengurangi stress dan menenangkan pikiranmu. Pikiran terasa bebas. Itu terkadang membuat saya mendapatkan beberapa ide bagus tentang apa yang harus saya lakukan untuk pekerjaan saya seusai bermeditasi.

Sebagaian orang bisa menenangkan pikirannya dengan merokok, tapi saya benar-benar tidak menyarankan ini. Apalah artinya pikiran tenang, tapi organ tubuh lainnya rusak, lebih bik berolahragalah. Misalnya joging. Jika kamu tidak suka joging, kamu bisa jalan-jalan selama 30 menit – 1 jam. Carilah tempat yang enak buat melakukan hal ini. Serius, ketika sedang berjalan kaki, kemungkin kamu akan mendapatkan ide segar untuk menulis atau ide apapun itu. Terkadang ini terjadi pada saya sendiri.

Temukan Ide Dengan Membaca Artikel Lain

Jika kamu begitu malas untuk melakukan latihan seperti yang dibahas pada poin pertama, kamu lebih memilih untuk tetap duduk, tenang, itu tidak masalah. Ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ide dalam menulis blog. Misalnya, kamu bisa mebuka situs populer atau situs-situs mainstream lainnya. Kamu bisa mencari artikel-artikel yang berkaitan dengan topik yang akan kamu tulis. Catat dan tarik garis besarnya untuk menghubungkan ke topik yang akan kamu buat. Cuma inget! Jangan copy-paste  sepenuhnya, tapi kalau copy-paste berarti kamu bukan menulis lagi dong?

Berikutnya, kamu juga bisa menggunakan sosial media untuk mendapatkan ide untuk topik yang ingin kamu buat. Lihatlah apa yang sedang ngetren diperbincangkan, ini mungkin akan membantumu untuk mendapatkan ide. Tapi, tergantung kategori blogmu juga, apa saja yang dibahas pada blogmu sendiri. Tidak semua blog mempunyai keterkatian topik dengan konten yan sedang tren di sosial media. Kembali lagi, ini tergantung pada apa saja yang akan dibahas pada blog tersebut.

Jika sudah mendapatkan ide, langkah yang paling penting, mulailah menulis!

Latihan Menulis Bebas

Cobalah buat sebuah topik yang menurutmu susah, atau kamu pikir akan memakan banyak energi untuk menulisnya. Tidak ada salahnya kita melakukan latihan ini, jika kita memang serius menekuni dunia tulis-menulis.

Jika kamu sudah mendapatkan topik tersebut, lupakan semuanya yang mengganggu. Jauhkan dirimu dari gangguan, mulailah menulis. Dalam beberapa menit pikiran bawah sadarmu akan bekerja. Pikiran bawah sadarmu akan memberikanmu uraian kata yang berhubungan dengan topikmu sendiri. Percaya atau tidak, itu terjadi. Tanganmu seakan bergerak sendiri, gerakan tanganmu dalam mengetik setiap huruf akan dikontrol penuh oleh pikiran bawah sadarmu, biarkan itu terjadi. Jika hal ini sering kamu lakukan, maka kamu akan terbiasa membuat sebuah tulisan, entah serumit apa topik yang kamu pilih, ini hanya masalah mental block-mu.

Perlu Inspirasi?

Kamu perlu sebuah inspirasi agar bisa menulis sebuah artikel pada blogmu? Temukan itu. Inspirasi juga kadang bisa datang dari buku yang kamu baca atau sebuah film. Ini bukan hal yang aneh lagi jika seseorang bertindak memerlukan inspirasi.

Saya pun kadang selalu terinspirasi dari beberapa film yang berkaitan dengan entrepreurship. Misalnya, seperti film The Billionaire (Top Secret: Wai roon pun lan). Film yang mengisahkan seorang anak muda yang berjuang mati-matian untuk menjadi kaya dan bisa membayar utang-utang keluarganya. Selain itu, juga ada film series Silicon Valley yang membuat saya berapi-api untuk bergerak maju mewujudkan mimpi-mimpi saya (sedikit di dramatisir). 

Hal ini juga kadang membuat saya bersemangat menulis topik yang sudah saya tentukan untuk artikel blog BYS dan blog pribadi saya sendiri. Meski topiknya kadang sulit, tapi karena saking semangatnya, akhirnya jadi begitu saja artikelnya. Kalau kamu butuh inspirasi, tidak ada salahnya menemukan hal itu, agar kamu semangat dalam melakukan apapun itu, termasuk menulis blog.

Atasi Mental Block

Mental Block menurut definisi dari Collins English Dictionary adalah “ketidakmampuan untuk mengingat atau berfikir sesuatu yang secara normal sebenarnya mampu Anda lakukan yang sering kali terjadi disebabkan karena tingginya luapan emosi”. Secara normal, sebenarnya kamu dan orang lain mampu melakukannya, tapi kamu tidak mampu melakukan karena ada luapan emosional atau mungkin pikir-pikiran yang tidak-tidak menghalanginya.

Misalnya, saat kamu akan menulis sesuatu, kamu sudah menemukan topik yang tepat, tapi ada emosi atau pikiran yang menghalangimu untuk menyelesaikan tulisan tersebut. Kamu akan dibuat tidak mampu menyelesaikannya, padahal kamu mampu melakukannya dan bisa menyelesaikannya dengan baik.

Jika ini terjadi, maka abaikan pikiran tersebut. Mulai saja menulis, jangan membuat kekhawatiranmu menundamu untuk menyelesaikan tulisanmu sendiri. Seperti dikatakan pada poin sebelumnya, biarkan pikiran bawah sadarmu mengendalikan tanganmu, dia akan membantumu. Yang terpenting, mulai saja, masalah bisa atau tidak bisa, itu urusan belakangan.

Jangan Lupa Istirahat

Karena sudah terlanjur tenggalam dalam menulis artikel, kadang kita akan lupa waktu. Kita tidak akan sadar sudah mengahabiskan banyak waktu untuk membuat 1 artikel saja. Memang, menulis itu asik, sampai membuat kita lupa waktu. Tapi, jangan lupakan istirahat ya. Ini sangat penting untuk kembali menyegarkan kepalamu. Kita ini manusia, bukan sebuah robot yang diprogram untuk membuat sebuah artikel yang bagus.

Jika tubuhmu dan otakmu lelah, tentu saja kamu tidak akan bisa membuat sebuah artikel yang bagus atau sekedar mendapatkan ide juga. Setelah satu artikel selesai, maka istirahatlah sejenak, lakukan kegiatan yang lain sebelum kamu melanjutkan keartikel berikutnya (itu jika kamu menargetkan satu hari bisa membuat lebih dari satu aritkel).

Editorial Team

Editorial Team adalah mereka yang menulis artikel untuk blog PinDexain.

Related Stories

4 Responses to Cara Mendapatkan Ide Dalam Menulis Blog, Atasi Mental Block

  1. gan kasih tau donk mendapat kan ide postingan yang jitu, jadi ane ga selalu COPAS ama orang lain.

  2. Kadang saya merasakan kesulitan dalam menemukan inspirasi, mencari artikel yang bermanfaat yang mendapatkan visitor banyak

  3. Luar biasa mencerahkan, terkadang diakhir pekan saya sulit menwmukan topik yg boomimg, akhirnya visitor anjlok hingga ke dasar. Dgn adanya ini saya mulai menemukan ide

  4. saya baru buat blog, masih bingung mau nulis apa, selain tugas dari dosen, maunya blog yang saya buat dibacasama orang2, kalo bisa disukai. syukur ada artikel ini, bisa kasih tips untuk nulis di blog bukan hanya foto aja. makasih ya 🙂 mohon bimbingan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *