Advertisement
Wordpress

Cara install wordpress pada xampp (local computer)

Untuk install wordpress pada xampp (localhost), sudah pasti kita harus sudah mempunyai xampp yang terinstall pada komputer kita bukan? Disini saya tidak menjelaskan bagaimana cara menginstall xampp pada komputer kamu, saya anggap saat membaca tutorial ini teman-teman sudah menginstall xampp pada komputernya masing-masing. Apa saja hal yang dibutuhkan selain instalisasi wordpress? Ya sudah pas file wordpressnya sendiri, kamu bisa mendownloadnya disini. Pertama, Extract file wordpress mu pada folder htdocs yang berada di folder xampp komputer kamu. Kemudian buka halaman phpmyadmin anda melalui browser anda. Disini saya sarankan menggunakan browser agar lebih memudahkan, atau memang sedikit umum digunakan. Tapi jika teman-teman mempunyai cara lain yang lebih muda menurut teman-teman bisa gunakan teman-teman sendiri. Create database sesuai dengan nama yang teman-teman inginkan. create database from phpmyadmin

Sekarang kamu buka halaman worpdressmu sesuai dengan folder yang kami buat pada halaman htdocs. Misalnya kamu memberikan nama file tersebut wp-paijo, jadi kamu bisa langsung membukanya dengan alamat localhost/wp-paijo pada web browsermu. Localhost itu tidak mesti sama, tergantung apa nama domain yang kamu gunakan pada lokal komputermu. klik Create a Configuration File untuk memulainya, ini merupakan halaman error yang diberikan wordpress karena belum adanya configiration ke database.

wp config

Dan klik let’s go.

lets-go

Kemudian akan muncul form pengisian configuration datanya,

install wordpress pada xampp

  • Database Nama, nama database yang sudah kamu buat sebelumnya
  • User Name, ini username databasemu. Biasanya untuk defaultnya username dibuat “root” (tanpa tanda petik).
  • Password, ini sama juga yaitu password database, defaultnya dikosongkan. Tapi jika kamu mengganti passwordnya, kamu bisa gunakan password yang sudah kamu buat sendiri.
  • Database Host, gunakan localhost.
  • Table Prefix, ini merupakan penamaan pada table database wordpressmu. Jika kamu ingin menginstall multiple wordpress  pada singgle database, kamu bisa mengganti nama table seperti yang dikatakan pada halaman tersebut.
  • kemudian submit.

Akan muncul halaman seperti berikut, kemudian run the isntall,

wordpress-install

Nah setelah klik tombol run the install, kamu akan di arahkan ke halaman form pengisian data wordpressmu seperti judul website, username, dan password, email.

wordpress setup

  • Site Name, Judul website yang kamu buat. Misalnya seperti “Berbagi Yuks”.
  • username dan password ini berfungsi untuk ketika kamu login ke halaman wordpress adminnya.
  • Kemudian isi alamat email yang kamu punya, fungsinya untuk mempermudah misalnya jika kamu lupa password, reset password akan di kirim ke emailmu.
  • Pada privacy saya sarankan untuk dicentang, jika kamu ingin website kamu menjadi publik ke search engines, tapi jika tidak kamu cukup menghilangkan centanya.
  • berikutnya install wordpres.

Kemudian kamu sudah bisa untuk login ke halaman admin. Akses halaman admin menggunakan url, localhost/nama_folder_website/wp-admin (localhost bisa digantung tergantung local domain yang kamu buat).

Sip, selesai. Semoga bisa bermanfaat ya.

Editorial Team

Editorial Team adalah mereka yang menulis artikel untuk blog PinDexain.

Related Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *