Advertisement
Articles

Bagaimana Mendapatkan Puluhan Ribu Visitor Pada Blog

Cara mendapatkan ribuan bahkan puluhan ribu visitor blog mungkin banyak menjadi pertanyaan setiap blogger. Meskipun blog ini belum mendapatkan visitor yang banyak, saya cuma ingin membagikan beberapa informasi yang ada baca di blog-blog yang mempunyai visitor tinggi. Mungkin informasi ini bisa menjadi acuan para pembaca untuk mendapatkan kunjungan blog yang bisa dikatakan “WOW”.

Bagaimana Mendapatkan Puluhan Ribu Visitor Pada Blog

Panjang Tulisan Pada Setiap Post

Mungkin membuat tulisan yang panajang sampai 1000 atau lebih kata perhalaman ini sangat membuatuhkan waktu ekstra. Tapi ini benar-benar memberikan banyak hasil untuk blog mu. Jika diperhitungkan sebandinglah dengan hasil kerja kerasmu untuk menulis. Awalnya saya tidak begitu percaya dengan hal ini, dan saya masih percaya update artikel pendek tapi setiap hari mungkin bisa memberikan saya banyak kunjungan ke blog saya sendiri. Tapi ternyata saya salah. Ketika saya menyadarinya, blog probadi saya yang isinya beberapa kalimat motivasi dan cerita garing tentang pengalaman hidup saya sendiri, sampai saat ini masih mempunyai page rank 1, meski tidak mempunyai banyak kunjungan/bulannya. Setelah saya analisa kembali, ternyata blog saya tersebut mempunyai post dengan tulisan panjang setiap post barunya.

Tapi selain membuat tulisan yang panajang, kamu juga harus membuat tampilan blogmu menarik dan ketika pengunjung datang merasa nyaman untuk mebacanya. Gunakan jeda setiap paragrah yang kamu tulis, agar tulisanmu tidak terkesan memusingkan untuk dibaca. Jeda paragrah ini bertujuan untuk memberikan kerenggangan pembaca, jadi pemabca bisa mengambil nafas sebentar untuk melanjutkan membaca paragraph berikutnya.

Selain itu, gunakan ukuran font dan jenis font yang indah. Misalnya kamu menggunakan ukuran font 16px dan jenis tulisan helvetica pada blogmu. Jadi pembaca blogmu akan merasa lebih nyaman lagi. Untuk menambah kenyaman lagi atur jarak perbaris tulisanmu juga. Misalnya line heightnya 24px untuk font 16px (ini tergantung jenis font).

Konsisten

Saat saya memulai menulis di Pindexain lagi, saya banyak mendapatkan bahwa menulis tiap hari lebih efectif. Iya memang, saya melakukannya di minggu-minggu pertama. Dan kunjungan blog saya mulai meninggkat, tapi ketika saya mendapatkan banyak kesibukan saya menjadi jarang menulis, jadi tiap minggu cuma bisa 1-3 artikel yang biasanya bisa sampai 4 artikel lebih /minggunya membuat kunjungan blog saya menurun. Setelah saya mencoba mencari informasi lagi, ternyata konsisten dalam membuat tulisan memberikan hasil yang bisa dikatakan lebih baik untuk trafik kunjungan visitor blogmu.

Kemarin saya sempat membaca sebuah blog yang membahas tentang internet marketing, saya mendapatkan sebuah pertanyaan dari pemilik blog bahwa trafik blognya menurun ketika dia mulai tidak konsisten dalam memposting artikelnya tiap minggu. Awalnya dia memposting artikel pada blognya tiap minggu, tapi kemudian dia memposting lagi 5 tulisan dalam seminggu, dan ternyata trafik blognya menjadi menurun drastis. Mungkin ini bisa menjadi pembelajaran buat kita, kalau konsisten juga mempengaruhi trafik blog.

Tentukan Artikel Blogmu

Sebelum kamu memulai membuat blog, tentukan apa yang ingin kamu bahas pada blogmu. Kesalahan saya pada memulai blog ini, saya mencoba memasukan  multimedia, website, desain, tutorial psd, ae, ai dll untuk mengisi artikel blog ini. Tapi mungkin saya salah karena saya terlalu banyak memasukan kategori artikel yang akan membuat blog saya tidak bisa menjadi branding. Mungkin jika memang sudah mempunyai skill atau ada kontributor untuk tutorial yang saya bahas tadi, saya akan membuat subdomain berbeda pada blog ini. Sekarang saya mencoba untuk memfokuskannya ke berita teknologi, tips & download, desain (yang masih ada sakutnya dengan dunia website) dan artikel mengenai website (html/css/jquery), serta pembahasan mengenai wordpress develepment. Saya mengurangi beberapa hal yang akan saya tulis pada blog ini.

Menentukan artikel yang akan kamu bahas pada blog penting, karena ini akan menyangkut dirimu sendiri. Kamu yang akan menulisnya. Buat tulisan yang benar-benar dibutuhkan orang lain dan kamu sanggup untuk menulisnya. Jangan menulis hal yang bukan yang kamu bisa, itu akan mebuat konsistensi postinganmu menurun, itu akan sangat menganggumu.

Fungsikan Social Media

Ini hal yang penting untuk mendistribusikan artikel blogmu. Dengan bantuan media social seperti facebook, twitter, kaskus, dll atau mau menggunakan social bookmark lainnya, bisa memberitahukan temanmu kalau kamu mempunyai artikel baru. Atau jika kamu mempunyai uang yang lebih banyak, kamu bisa menggunakan google adwords atau facebook ads untuk mendapatkan trafik yang tinggi. Dengan social media ini mungkin akan terjadi marketing of mouth to mouth, kamu mebagikan ke teman social media kamu, jika artikelnya menarik, maka mereka akan membagikannya keteman-teman mereka secara online atau lisan.

Akhir tulisan saya mengucapakan semoga kamu bisa berhasil dengan tips yang saya bagikan ini. Meskipun saya belum membuktikannya, saya cuma ingin membagikan apa yang saya pelajari dari blog-blog suskses diluar sana yang sudah membuktikannya. Salam

Editorial Team

Editorial Team adalah mereka yang menulis artikel untuk blog PinDexain.

Related Stories

6 Responses to Bagaimana Mendapatkan Puluhan Ribu Visitor Pada Blog

  1. over all ane setuju dengan agan. konsistensi serta share ke media social punya efek yang bagus. khususnya twitter dan facebook yang menjadi sosmed favorit saat ini.

  2. Mudah-mudahan kita bisa membuat artikel yang cukup panjang dan konsisten dalam mengupdate artikel. Terima kasih sharenya, sob.

  3. berarti yang paling penting itu postingan ya , tapi harus original juga pasti . lalu bagaimana dengan backlink ? apakah diperlukan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *