Advertisement
Articles Design

5 Pedoman Dalam Mendesain Logo

5 Pedoman Dalam Mendesain Logo. Bagi kamu, seberapa pentingnya sebuah logo itu? Kelihatannya, dari segala sesuatu seperti kop surat, website, pemasaran, pers logo mecakup ini semua. Logo menjadi kesan pertama ketika orang lain datang untuk mengetahui perusahaan kita. Dengan kata lain, logo merupakan salah satu identias terpenting yang harus dimiliki sebuah perusahaan.

Logo sebuah perusahaan harus menampilkan kesan yang baik dari bisni yang perusahaan itu miliki, bisa menampilkan diri dengan baik dan dinamis dengan begitu kamu akan terlihat seperti seorang profesional, meskipun kantormu hanya disebuah garasi rumah. Ada beberapa pedoman yang sudah diuji yang mungkin bisa membantu kamu dalam mendapatkan sebuah logo hebat. Entah, kamu menyewa sebuah agensi atau membuatnya sendiri.

5 Pedoman Dalam Mendesain Logo

5 Pedoman Dalam Mendesain Logo

Logo kamu harus mencerminkan perusahaanmu dengan cara yang unik dan jujur

Rasanya jelas, tapi dilapangan kamu akan terkejut ketika mendengar beberapa pemilik bisnis malah menginginkan sesuatu seperti pesaing. Jika logo anda menggunakan sebuah simbol maka itu harus berhubungan dengan perusahaan kamu, nama perusahaan, ciri khas perusahaan atau keunggulan kompetitif yang kamu tawarkan.

Kesan apa yang ingin kamu berikan ketika seseorang mengingat bisnis kamu? Jika itu pengiriman cepat, maka pertimbangkanlah benda-benda yang mengandung arti kecepatan, seperti sayap atau sebuah jam. Unsur-unsur ini biasanya digunakan oleh perusahaan logistik, misalnya Post Indonesia. Pertimbangkan simbol abstrak untuk menyampaikan pendekatan progresif – abstrak adalah pilihan yang cocok untuk perusahaan high-tech. Atau mungkin kamu hanya ingin suatu objek yang mewakili produk atau jasa yang kamu jual.

Hindari terlalu banyak detail

Simple Logo dikenali lebih cepat dari yang kompleks. Garis yang kuat, huruf yang muncul lebih baik dari yang tipis hampir tidak terlihat, bersih. Tapi meskipun logo kamu harus terlihat Sederhana, bukan berarti harus benar-benar sederhana, dengan kata lain asal-jadi. Logo yang baik memiliki sesuatu yang tidak terduga atau unik. Kita lihat beberapa logo seperti, McDonald, Nike, Prudential. Perhatikan bagaimana logo mereka yang sederhana namun menarik. Ketika kamu melihat simbil “centang” maka kamu akan berpikir itu adalah logo dari Nike. Ketika melihat huruf “M” besar berawarna kuning, terlebih saat sedang lapar, kamu akan mengasumsikan itu adalah McDonal. Sederhana, tapi tidak asal-asalan

Logo Anda harus bekerja dengan baik dalam (cetak satu warna) hitam dan putih

Jika logo kamu tidak terlihat baik dalam warna hitam dan putih, maka tidak akan terlihat baik diwarna apapun. Perlu diingat juga, kalau biaya untuk cetak logo empat warna biasanya lebih mahal dari cetak satu atau dua warna.

Pastikan logo kamu scalable

Dengan kata lain logo kamu harus estetis baik dalam ukuran besar dan kecil, di berbagai media. Aturan praktis yang baik adalah pada kartu nama / billboard. Logo Anda harus terlihat baik pada keduanya. Meski logo tersebud dibesar atau dikecilkan, tidak akan mengurangi ciri khasnya atau identitasnya. Dalam hal ini, logo Nike masih menjadi logo yang paling unggul dalam urusan scalable.

Logo Kamu harus memiliki artistik yang seimbang

Cara terbaik untuk menjelaskan hal ini adalah bahwa logo kamu harus tampak “seimbang” ke mata, tidak ada satu bagian harus mengalahkan sisanya. Sama seperti sebuah lukisan, akan terlihat aneh jika semua warna dan detail dipisahkan disalah satu sudut, begitu juga logo asimetris. Warna, kepadatan garis dan bentuk, semua mempengaruhi keseimbangan logo ini.

Banyak guru logo bersikeras sebuah logo harus dirancang untuk bertahan hingga 10 atau 15 tahun. Tapi kami belum pernah mendengar seorang peramal yang datang untuk merancang sebuah tren. Iya, sewaktu-waktu tren akan berubah dan mungkin logo kamu juga harus dirubah agar terlihat lebih fresh. Cara terbaik untuk memastikan umur panjang logo, selain pedoman yang sudah tercantum di atas adalah pastikan kamu cintai logomu. Jangan pernah puas dengan sesuatu setengah matang.

Sekali kamu berkomitmen untuk desain logo kamu, kamu sudah pasti dan menyukai logo tersebut, pastikan kamu memiliki dalam tiga format file ini, EPS untuk pencetakan, JPG dan GIF untuk websitem. Pada dasarnya, file konversi ini membuat logo kamu sebagai satu bagian dari seni, sehingga tidak lagi menjadi simbol dengan sebuah jenis huruf. Yang membawa kita ke aturan yang paling penting dalam desain logo, jangan pernah mengubah logo kamu! Jika kamu ingin menghidupkan untuk website, baiklah, dengan catatan tidak mengubah esensinya.

Advertisement
Editorial Team

Editorial Team adalah mereka yang menulis artikel untuk blog PinDexain.

Related Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *