Advertisement
Wordpress

10 Kekeliruan WordPress Yang Harus Diketahui Desainer

Tidak ada seorang web profesional di luar sana yang tidak akrab pada beberapa tingkat WordPress. Mungkin kamu seorang pengembang WordPress yang terampil, dan mungkin juga kamu hanya tahu bahwa wordpress adalah sebuah aplikasi blogging yang sangat populer. Tapi ini bukan tentang apa yang dapat kamu lakukan dengan WordPress. Ini tentang apa yang tidak harus kamu lakukan pada wordpress.

Karena wordpress adalah sebuah aplikasi populer, lebih dari 15,5% dari semua situs web membuat kekeliruan dengan wordpress. Beberapa kekeliruan wordpress ini lebih sering dibuat oleh desainer amatir, tapi siapa pun yang telah bekerja dengan platform wordpress mungkin bisa berpikir kembali atau melakukan satu pelanggaran dalam daftar dibawah ini :

10 Kekeliruan WordPress

Kekeliruan #1 – Download Tema Gratis

Banyak desainer tidak akan terperangkap mati karena menggunakan free theme atau bahkan premium theme. Namun, ada pengembang yang belum begitu terampil ketika menunjukan estetika dalam keindahan dan pemilik situs web yang lebih tertarik pada konten atau lebih menjual situs daripada penampilannya. Orang-orang yang kurang begitu peduli tentang apa golden ratio hanya menginginkan hal yang membuat situs mereka terlihat bagus. Kadang-kadang mereka beralih ke free download theme. Tapi ini adalah kesalahan besar. Ketika kita mendownload satu theme yang menurut kita bagus mungkin diluar sana ada ribuat situs wordpress lain yang menggunakan theme yang sejenis atau sama persis. Jika kamu ingin mencoba untuk membangun brand, menggunakan hal yang sudah terlalu banyak/sering digunakan (mainstream) bukanlah cara yang baik untuk memulainya. Yang terpenting lagi, free theme mungkin dapat menjadi tuan rumah untuk sejumlah kerentanan yang akan melukai situs wordpressmu. Sementara premium theme sudah dikenal menjadi thema yang dieksploitasi, ketia kamu membayar untuk membeli theme tersebut, ketika terdapat celah keamanan sewaktu-waktu kamu barangkali akan diberitahu. Jika kamu menggunakan free theme pada situs anda sendiri bahwa kamu harus menemukan dan memperbaiki sendiri celah ancaman tersebut

Kekeliruan #2 – Menggunakan Banyak Plugin

Ketika kita melihat situs yang begitu menarik, indah pada visual pandangan mata kita, visual yang menakjubkan. Kita akan bergumam ini yang buat adalah orang hebat, tapi kadang kita tidak mengetahui sekuat apakah backed coding yang dimilikinya. Untuk mengantisipasi hal ini wordpress menawarkan sejumlah plugin untuk membantu memperluas fungsi dari situs tersebut.

Masalah dengan plugin adalah karena mereka sering terjebak dalam situsnya dan menyebabkan kinerja yang buruk. Kadang orang-orang akan begitu bahagia ketika menemukan plugin yang menurut mereka luar biasa ketika menggunakan wordpress dan menginstallnya, bahkan mereka kadang mereka tidak pernah menggunakannya lagi, tapi kerena terlihat keren dan berpikir itu akan berguna suatu hari nanti.

Beberapa plugin akan menjadi mimpi buruh untuk keamanan juga. Bad code pada plugin bisa membuat sebuah situs terbuka untuk memberikan celah serangan yang akan memperburuk keadaan situsmu. Tambahkan kefakta mu, bahwa banyak plugin benar-benar akan merusak situsmu dan kamu harus memiliki alasan yang cukup untuk berpikir dua kali sebelum berlebihan untuk menggunakannya.

Kekeliruan #3 – Menggunakan Widget Sesuka Hati

Ingin kotak pencarian di atas daftar kategori? Ingin melihat tweets terbaru kamu tepat di sebelah pesan HTML kustom kode? Widget membuat ini mungkin dilakukan pada WordPress. Mereka juga memungkinkan untuk mengacaukan sidebars dan footer agak cepat dengan “informasi”.  Widget adalah salah satu alasan.

Kekeliruan #4 – Gagal Memonitor Komentar

Memonitor komentar harus menjadi pendekatan bercabang dua. Pertama, kamu harus memiliki sesutau yang difungsikan untuk menyaring semua span, karena kamu pasti akan selalu mendapatkan spam dan begitu banyak spam. Plugin askimet adalah salah satu plugin yang terbaik dalam urusan tersebut. Kamu hanya menginstall dan mendaftar untuk mendapatkan API key. Setelah itu kamu akan mendapatkan email API key mu, kemudian kamu cukup copy dan paste ke dalam field API key yang sudah disediakan. Ini akan sengat membantu kamu untuk memonitor komentar spam yang masuk.

Langkah berikutnya adalah benar-benar membaca dan membalas komentar yang dibuat pembaca pada situsmu. Komentar adalah apa yang membuat blog begitu unik dan menarik. Dia memberikamu kesempatan untuk berinteraksi dan terlibat dengan pembacamu, sehingga  kamu dapat mengambil kesempatan itu untuk merespon dan menambahkannya kedalam percakapan.

Kekeliruan #5 – Melupakan Keamanan Blog

WordPress adalah sebuah aplikasi web, yang berarti bahwa ada kerentanan keamanan saat ini dikenal dalam kodenya, dan akan ada lebih banyak kerentanan ditemukan dalam kode tersebut. Setiap perangkat lunak rentan terhadap serangan dan ketika perangkat lunak yang di-host-kan di web akan menjadi target bahkan lebih menguntungkan karena kemungkinan besar belum diamankan di belakang firewall dan peralatan lain untuk mencegah orang jahat dapat masuk.

Kebanyakan instalasi WordPress diserang oleh hacker jahat. Serangan yang rendah biasanya mereka menyuntikkan link spam ke blog dengan traffic yang bagus atau script otomatis yang memanfaatkan internet untuk mencari aplikasi web yang memiliki kerentanan khusus. Kabar baiknya adalah mengambil langkah-langkah dasar untuk mengamankan situs WordPress mu sesering mungkin cukup untuk menjaga persentase yang baik dari serangan lebih jauh.

Kekeliruan #6 – Berlebihan Menggunakan Kategori

Salah satu masalah besar yang dimiliki WordPress adalah beberapa hal terlalu mudah dilakukan pada platform tersebut. Tidak terkecuali dalam membuat kategori baru. Terkadang, ada sebagian orang yang akan menulis sebuah postingan bukannya menggunakan salah satu kategori untuk digunakan tapi mereka malah membuat kategori baru lagi.

Tujuan pembuat kategori itu harus memberikan konten mu sebuah wadah yang akan berfungsi untuk mengurutkan postingan mu agar tidak berada dalam dua wadah atau lebih, mungkin sebaiknya digunakan dalam satu wadah saja. Mungkin ini yang sendag terjadi pada blog ini, karena kurangnya pengetahuan kami, kami harus menggunakan banyak kategori dalam satu postingan. Ini kadang akan menyulitkan pembaca blog kita. Jika kategori tersebut mempunyai keterkaitan, mungkin bijaknya kita gunakan kategori yang lebih terfokus pada artikel yang sendang ditulis atau memikirkan terlebih dahulu kemana muara blog kita dan kita akan dengan mudah bisa menentukan kategori blog kita sendiri. Misalnya, Jika kamu menulis hanya satu posting tentang Responsive Design maka  kategori yang cocok digunakan berada didalam kategori Web Design, tidak perlu kategori baru. Sementara itu, menekan penggunaan tag juga. Lima tag yang terbaik, 25 tag adalah hal yang sedikit norak.

Kekeliruan #7 – Mencuri Gambar

Hal ini tidak kadang merupakan hal yang tidak baik untuk dilakukan, mengambil gambar dari Google Images dan menggunakannya. Gambar-gambar tersebut mempunyai hak cipta dan dimiliki oleh seseorang. Jika kamu menggunakan gambar-gambar di blog bisnis ada kesempatan baik untukmu bisa menerima surat-surat untuk tidak menggunakannya lagi atau surat tuntutan.

Gambar adalah cara yang bagus untuk menarik konten kamu, tetapi pastikan bahwa kamu menemukan gambar yang di bawah Lisensi Creative Commons, GNU Public License atau dalam Domain Publik.

Kekeliruan #8 – Memiliki Konten yang Lemah 

Alasan orang menginstal WordPress adalah agar mereka dapat sesering mungkin untuk memperbarui dan menambahkan konten. Jika kamu tidak akan menyentuh konten kamu menggunakan HTML dan CSS dalam membuat situs kamu, ini akan memberikan solusi yang lebih cepat dan jauh lebih aman.

Jadi jika tujuan kamu adalah memiliki situs yang kaya konten, pastikan bahwa konten kamu ditulis dengan baik, tata bahasa yang benar dan cukup kuat untuk mempertahankan pembaca kamu datang kembali. kadang pembaca benci masuk kesebuah situs yang tampak hebat secara visual tetapi tidak ada yang bisa dikatakan. Seperti limbah yang mengotori internet.

Kekeliruan #9 – Melupakan Tentang Orang-Orang kecil

Layar kecil yang dimiliki perangkat mobile akan membuat situs kamu sulit untuk dilihat dengan baik jika kamu tidak mendesainnya sesusai pikiran para pengguna. Kita semua telah melihat perdebatan tentang Responsive Design dan Userfrendly situs mobile. Tidak perlu dimana kamu berada, pastikan bahwa kami ingat banyak orang akan mengunjungi situs kamu dengan smartphone atau tablet.

Kekeliruan #10 – Melupakan Backup File

Ini kadang merupakan kekeliruan yang sering terjadi bagi para kita yang awam dalam dunia web developer atau buat kita yang mempunyai rasa malas untuk malakukan backup file karena sesuatu alasan seperti terburu-buru atau memikirkan hal ini tidak perlu dilakukan. Ini sering terjadi pada saya juga, ketika akan mengganti atau merubah theme website beserta database dan file-file yang ada dilocalhost, saya langsung saja mereplace file yang ada diserver. Dan hasilnya, ketika saya mendapatkan kesalahan saya tidak bisa mengembalikannya keseperti semula karena saya tidak mempunyai backup file, dan otomatis website tersebut akan berjalan dengan website kosong atau bug website. Ingatlah, jangan pernah melupakan backup file, ini penting!

Editorial Team

Editorial Team adalah mereka yang menulis artikel untuk blog PinDexain.

Related Stories

4 Responses to 10 Kekeliruan WordPress Yang Harus Diketahui Desainer

  1. Hmmm, ulasan yang sangat rinci, informatif, dan bermanfaat Sob. Namun demikian kebetulan saya bukan pengguna WP sehingga ada beberapa point yang kurang dapat saya pahami terkait dengan hal tersebut. Salam kenal dan salam berbagi. 🙂

  2. info yang sangat bagus, bagaimana cara kita mengetahui bahwa gambar tersebut merupakan gambar lisensi Creative Commons, GNU Public License atau dalam Domain Publik??

    • Biasanya gambar tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan yang memiliki lisensi, seperti perusahaan-perusahaan besar diinternet. Bahaya jika kita sembarangan menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *